Pastikan Pembangunan Tugu Keris Siginjai Terlaksana Dengan Baik, Pemkot dan LAM Sidak Pengrajin Replika Keris Siginjai

0
Ketua Lembaga Adat Melayu Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi Datuk Drs. H. Azrai Al Basyari dan Kadis PU Kota Jambi saat memegang replika keris siginjei.
SERUJOGJA.COM, Yogyakarta – Masyarakat Kota Jambi tentunya sudah tidak sabar lagi menanti dan segera ingin menyaksikan berdirinya kemegahan icon baru Kota Jambi, Tugu Keris Siginjai. Monumen arsitektural bernilai sejarah tinggi yang memuat sejarah peradaban Kota Jambi masa lampau tersebut, saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.
Sebagai sebuah bangunan yang bernilai sejarah tinggi dan artistik yang akan menjadi indentitas kebanggaan warga kota Jambi itu, membuat Pemkot Jambi tidak ingin bermain-main terkait dengan proses pembangunan dan kualitas pengerjaannya. Guna memastikan pekerjaan tersebut tepat waktu dan sesuai dengan spesifikasi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Jambi Fatri Suandri bersama Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi Datuk H. Azrai Al Basyari, turun langsung meninjau dan menyaksikan proses pembuatan replika Keris Siginjai yang berbahan tembaga tersebut di workshop pengrajinnya di Kota Gede Yogyakarta, pada Sabtu lalu (23/9).
“Sidak, supervisi dan peninjauan langsung adalah hal lumrah yang rutin kami lakukan untuk meninjau dan melihat progress pelaksanaan pekerjaan konstruksi yang menggunakan dana pemerintah. Apalagi untuk bangunan arsitektural yang akan menjadi icon kebanggaan masyarakat Kota Jambi, tentu akan mendapat perhatian khusus,” ujar Farti Suandri.
Farti menjelaskan, dirinya sengaja mengajak Ketua Lembaga Adat Melayu Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi, sebagai orang yang sangat faham mengenai detail, serta nilai historis dari keris Siginjai tersebut.
“Kami sengaja mengikutsertakan Ketua LAM Kota Jambi, yang memiliki kompetensi dan sangat mengetahui seluk beluk serta detail dari keris pusako Jambi ini. Saat ini progressnya sudah mencapai 75%. Diharapkan pembangunan tugu keris ini berjalan sesuai dengan rencana atau kontrak berdasarkan RKS serta terjaga kualitas dan tidak terjadi penyimpangan dalam proses pembuatannya,” tambah Farti.
Sementara itu, Ketua Lembaga Adat Melayu Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi Datuk Drs. H. Azrai Al Basyari bergelar Depati Setio Junjung Pseko, saat dimintai tanggapannya mengatakan apa yang telah dilakukan Pemerintah Kota Jambi dengan mengikutsertakan lembaga adat dalam memberikan saran dan pendapat terkait pembangunan Tugu Keris Siginjai adalah sebagai bentuk langkah positif yang telah terbangun selama ini.
“Kami sangat mengapresiasi sinergisitas yang selama ini telah dibangun bersama Pemerintah Kota Jambi yang sangat sejalan dengan tugas dan fungsi Lembaga Adat, termasuk kaitannya dalam memberikan saran dan pendapat pembangunan Tugu Keris Siginjai dari sisi kesejarahan serta nilai-nilai adat dan budaya masyarakat Jambi,” ujar Datuk Azrai.
Datuk Azrai yang turun langsung ketempat pengerajin dalam rangka melalukan penilaian dari sisi sejarah, adat dan budaya Jambi itu merasa puas dengan hasil pekerjaan replika Keris Siginjai yang sudah mencapai 60 persen tersebut.
“Dari sisi sejarah, budaya dan adat daerah, kami melihat replika keris siginjai ini sudah sesuai dengan artikulasi dan narasi adat dan budaya Jambi. Pekerjaan ini juga sudah sesuai dengan gambar, narasi dan artikulasi keris asli yang ada di Monumen Nasional. Namun untuk finisihing nanti tetap akan kita evaluasi kembali, mana yang kurang agar betul-betul sempurna,” terang petinggi LAM Kota Jambi tersebut.
Terkait dengan berbagai apresiasi masyarakat akan ditetapkannya Tugu Keris Siginjai sebagai icon Tanah Pilih Kota Jambi tersebut, Datuk Depati Setio Junjung Pseko itupun mengungkapkan tanggapannya.
“Sebagai Ketua Lembaga Adat Melayu di Bumi Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi, kami banyak menerima berbagai tanggapan positif dari masyarakat, karena pembangunan Tugu Keris Siginjai ini menjadi suatu kebanggan seluruh warga Kota Jambi. Tugu Keris Siginjai ini sebelumnya memang sudah lama kita idamkan dibangun di Kota Jambi, dan Alhamdulillah dimasa dikepemimpinan Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, mimpi kita dapat terealisasi dan terlaksana dengan baik. Saya beri penghargaan kepada beliau. Semoga apa yang dicita-citakan dapat terlaksana dengan baik,” harap Ketua Lembaga Adat Kota Jambi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Adat Serumpun Melayu.
Sebagaimana diketahui, Pemkot Jambi melalui Dinas PU-PR memang melakukan pengawasan ketat terhadap kegiatan pembangunan Tugu Keris Siginjai tersebut, pekerjaan pun terus dikebut mengingat saat ini sudah memasuki triwulan ke 4 tahun 2017. Dengan sidak tersebut diharapkan pembangunan Tugu Keris Siginjai berjalan dengan baik dan tepat waktu. (*/edz)
Loading Facebook Comments ...
loading...