Pegawai Dishut Jadi Saksi Ahli, Dalam kasus Ilegal Loging

0
Pegawai Dishut Jadi Saksi Ahli, Dalam kasus Ilegal Loging
SERUJAMBI.COM, Jambi – Terkait kasus ilegal loging yang menimpa Sutan Pane, Hakim Pengadilan Negeri Jambi memanggil dua pegawai Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jambi sebagai saksi ahli.
Dalam sidang yang digelar kemarin (26/9/2017). Majelis Hakim yang dipimpin Lucas Sahabat Duha meminta keterangan kepada kedua saksi ahli yakni Eka dan Yuriono.
Pantauan Seru Jambi, Yuriono memaparkan jika dirinya hanya diminta untuk menentukan jenis kayu yang di bawa terdakwa dan volume kayu yang ada.
“Saya tadi diminta untuk menentukan jenis dan volume kayu.  Jenis kayu yang dibawa terdakwa kelompok Meranti, Meranti Merah, Meranti Batu.  Volume 39,3625 Kubik yang ada di dalam truk tersebut.” Papar Yuriono.
Sementara Itu, Eka, saksi ahli lainnya mengatakan kepada Majelis Hakim bahwa terdakwa melakukan pelanggaran dokumen. Kata dia, terdakwa menggunakan dokumen SKSHH (Surat Ketarangan Sahnya Hasil Khusus) yang seharusnya tidak untuk digunakan.
“Dokomen yang mereka bawa tidak sah.seharusnya dokumen yang mereka kantongi adalah SKSHK,” ujar Eka.
Eka menegaskan, dalam kasus ini terdakwa hanya menggunakan Nota angkutan yang seyogyanya menggunakan SKSHK tersebut. Dirinya menegaskan kayu tersebut merupakan kayu hutan alam yang tumbuh liar dihutan.
“Ada iuran yang harus dibayarkan untuk kemasukan negara. Namun, yang dilakukan terdakwa dengan menggunakan nota angkutan tidak menjadi masuk ke negara,” ujarnya
Dirinya memaparkan, akibat perbuatan terdakwa tersebut negara harus mengalami kerugian negara puluhan juta rupiah. (yj02/usa)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: