Pelindo Diberikan Kepercayaan Program Rumah Kita Nias

0
Ilustrasi Rumah Layak. Foto: Istimewa
SERUMEDAN.COM, Medan – Pelindo 1 diberikan kepercayaan untuk melaksanakan program Rumah Kita di wilayah Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara.

“Program Rumah Kita di Kota Gunungsitoli, Kepulauan Nias itu resmi dioperasikan sejak 24 Agustus 2017 atas kerja sama Pelindo dengan Bulog,” kata Plh Humas Pelindo 1, Ade Maydwianda, di Medan, Sabtu (2/9).

Komoditas yang disediakan di gerai Rumah Kita Gunungsitoli, menurut dia, antara lain beras dengan harga Rp9.200 per kg, gula Rp11.500 per kg, minyak goreng Rp 11.750 per kg, dan bawang putih Rp20.000 per kg.

“Program ini disambut baik oleh masyarakat, karena harga barang-barang yang dijual menjadi lebih murah sekitar Rp1.000 hingga Rp4.000, dan bila dibandingkan dengan harga di pasar,” ujar Ade.

Ia mengatakan, perbedaan harga ini dikarenakan pengiriman melalui tol laut mampu menekan transportation cost dan menjamin kecepatan barang tiba di tempat tujuan.

Sebelum adanya tol laut, pengangkutan pupuk dari Lhokseumawe, Provinsi Aceh dengan menggunakan truk melalui pelabuhan Sibolga membutuhkan waktu lama dengan biaya logistik yang cukup tinggi.

“Dengan pengiriman melalui tol laut seperti ini mampu mengurangi kesenjangan harga antardaerah dan mendorong pembangunan daerah-daerah di seluruh Indonesia,” katanya.

Ade menjelaskan, dengan terlaksananya program Rumah Kita, dan diharapkan manfaat dari program tol laut ini semakin bisa dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Pelindo 1 Gunung Sitoli menyambut kedatangan KM Ocean Ship bersandar di Pelabuhan Gunungsitoli, Kepulauan Nias, Senin (28/8).

Pelayaran perdana kapal yang berasal dari Lhokseumawe menuju Kepulauan Nias ini disambut oleh General Manajer Pelindo 1 Cabang Gunungsitoli, Aulia Rahman Hasibuan.

Pelaksanaan pelayaran kapal itu, adalah salah satu upaya sinergi BUMN antara Pelindo 1 dengan PT Pupuk Indonesia dalam menyukseskan program tol Laut dan Rumah Kita.

Rumah Kita merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN sebagai fasilitas untuk menampung barang-barang kebutuhan pokok agar dapat dinikmati langsung oleh masyarakat terutama di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terpencil) dengan harga yang dipertahankan secara konstan.

Rumah Kita ini bertujuan untuk menjaga disparitas harga di seluruh wilayah Indonesia. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...