Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Anda, Gratis!

0
Jelang hari raya Idul Adha, Dinas Peternakan Kota Jambi mulai turun kelapangan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban. Foto: Eddy Junaedi/Seru Jambi

SERUJAMBI.COM, Jambi –  Jelang hari raya Idul Adha, Dinas Peternakan Kota Jambi mulai turun kelapangan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual oleh peternak maupun pedagang. Pemeriksaan ini melibatkan sejumlah mahasiswa perguruan tinggi dari Universitas Jambi, Selasa (22/8).

Kepala Dinas Perikanan, Peternakan, Pertanian dan Kehutanan Kota Jambi H A Damiri menjelaskan, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban secara serentak di Kota Jambi.

“Pemeriksaan kesehatan hewan ini bertujuan untuk mengetahui layak atau tidaknya hewan ternak tersebut di jual dan dikosumsi masyarakat,” ujarnya.

Pemeriksaan ini dimulai dari peternak Indradari, dari tempat ini total keseluruhan hewan Kambing ada 41 ekor, dari jumlah ini ada yang sakit sebanyak 3 ekor. Sedangkan Sapi, dari 142 ekor ada yang sakit sekitar 5 ekor.

“Sakitnya tidak berbahaya, seperti kurap dan pink eye (mata merah),” katanya.

Lebih lanjut H A Damiri menegeaskan, bahwa tim yang diturunkan ini akan melakukan pemeriksaan ke berbagai peternak di Kota Jambi.

“Akan kita datangi, baik dari pedagang, pemasok, sampai kepada petani-petani yang memiliki hewan kurban,” ungkapnya.

Damiri juga berharap, bagi warga yang mempunyai hewan ternak sapi atau kambing yang ingin diperiksa kesehatannya, melapor saja. Maka akan dilakukan pemeriksaan secara gratis. (edz/isa)

Loading Facebook Comments ...
loading...