Pemilih Pemula Palangkaraya Belum Paham Pilkada

0
Ilustrasi pemilih pemula. (ant)
SERUPALANGKARAYA.COM, Palangka Raya – Kalangan siswa dan mahasiswa sebagai pemilih pemula mengaku belum memahami terkait kegiatan pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung serentak tahun 2018, termasuk pilkada wali kota dan wakil wali kota Palangka Raya.

“Saya tidak terlalu mengerti dan paham apa itu pilkada, maka kami perlu informasi yang cukup sebagai calon pemilih pemula,” ucap Indahwati, seorang siswa SMA di Palangka Raya, Rabu (15/11).

Pernyataan itu diungkapkan siswi satu sekolah di Palangka Raya di sela-sela mengikuti sosialisasi dan pendidikan mengenai pemilu dan pilkada serentak 2018.

“Setelah mengikuti sosialisasi ini saya lebih mengerti terkait proses pelaksanaan pilkada, termasuk syarat-syarat orang bisa mencalon dan syarat kita bisa memilih,” katanya.

Sementara itu, Anton, salah satu peserta sosialisasi dari kalangan mahasiswa berharap KPU Kota dapat memperluas sosialisasi dan pendidikan bagi pemilih.

“Khusus untuk pemilih pemula akan semakin efektif jika KPU datang langsung ke kampus-kampus atau pun ke sekolah-sekolah sehingga semakin banyak sasarannya,” katanya.

Mahasiswa berusia 20 tahun ini mengaku, bahwa sebelum pelaksanaan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palangka Raya 2018 dia pernah mengikuti jalannya pesta rakyat tersebut.

“Sebelumnya pernah nyoblos. Waktu pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah 2015 lalu. Namun saat itu saya hanya tahu jadwal dan cara memilih saja. Sekarang saya jadi lebih tahu tahapan dan proses pelaksanaan Pilkada ini,” katanya.

Sementara itu, di antara materi yang diberikan ialah pentingnya pelaksanaan Pilkada yang berkualitas, kepastian menjadi daftar pemilih tetap serta teknis pendaftaran calon Wakil dan Wali Kota Palangka Raya termasuk peran dan fungsi serta tugas KPU dalam pelaksanaan Pilkada.

Komisioner KPU Palangka Raya, Harmain Ibrohim menerangkan bahwa sosialisasi ini agar para pemilih pemula dapat ikut aktif dalam mensukseskan Pilkada Palangka Raya 2018.

Pihak KPU Palangka Raya pun juga berencana melaksanakan sosialisasi Pilkada kepada pemilih pemula di sekolah-sekolah dan universitas yang ada. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: