Pemkab Gandeng Gereja Berantas Buta Aksara

0
Ilustrasi buta aksara. (ist)
SERUJAYAPURA.COM, Wamena – Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya, Papua, menggandeng pihak gereja untuk membantu 42 ribu penduduk yang buta aksara melalui program Cerdas, Mandiri dan Sejahtera.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lanny Jaya Christian Sohilait di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis (26/10), mengatakan program penuntasan buta aksara itu sedang disusun sehingga dalam waktu dekat bisa dilakukan.

“Kami libatkan gereja karena dari pengalaman, gereja yang bisa mengajarkan masyarakat membaca Alkitab dalam Bahasa Dani, oleh karena itu pemerintah menilai gereja juga bisa mengajarkan Bahasa Indonesia kepada masyarakat,” katanya.

Menurut dia, pemkab telah mengumpulkan seluruh kepala distrik untuk menginstruksikan mereka mendata penduduk yang belum bisa membaca.

“Selanjutnya kami akan intervensi dengan cara meminta guru-guru yang mengajar di sekolah untuk membantu masyarakat (buta aksara) untuk memberikan les dan kita berikan target sampai Desember itu paling tidak ada penurunan jumlah warga yang tidak bisa membaca,” katanya.

Metode lain yang dilakukan dalam penuntasan buta aksara adalah mengimbau pihak Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua untuk mengharuskan warga yang hendak mencairkan uang untuk membaca satu atau dua kata.

“Keuntungan lain ketika orang bank membantu kita, paling tidak bisa meminimalisir pengangguran dalam sehari,” ujarnya.

Ia memaparkan jika satu orang tidak bisa membaca dan memanggil dua orang untuk mengantar ke bank maka dua orang tidak bisa bekerja karena mengantar satu orang tadi.

“Bayangkan kalau 100 orang yang tidak bisa membaca datang ke bank dan dia bawa 300 orang, artinya mereka yang mengantar tidak bisa kerja dan perekonomian pasti lumpuh,” katanya.

Sebelumnya dalam sambutan Christian pada doa bersama umat Nasrani dalam rangka HUT Gereja Kristen Injili di tanah Papua, di Jayawijaya, Kamis siang, ia mengatakan peran gereja dalam pembangunan di wilayah pegunungan sangat besar.

“Apa yang menjadi tema HUT GKI ke-61 sebenarnya itu juga menjadi mimpi. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: