Pemkab Jadikan PRC Ajang Promosi Prudes

0
Ilustrasi Pesta Rakyat Cibaliung (PRC). Foto: Istimewa

Pandeglang, 16/8 (Antara) – Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, menjadikan Pesta Rakyat Cibaliung (PRC) sebagai ajang promosi program unggulan desa (prudes).

“PRC saat ini sudah dapat ‘menguncang’ Banten. Para pengunjung dan pedagang yang hadir dalam acara PRC tidak hanya dari Kecamatan Cibaliung, tetapi dari kecamatan lain, bahkan dari luar Kabupaten Pandeglang,” kata Bupati Pandeglang Irna Narulita saat membukan PRC di Cibaliung, Rabu.

Oleh karena itu, kata dia, ajang itu sangat cocok sebagai media untuk melakukan prmosi berbagai prudes, baik yang ada di Cibaliung maupun kecamatan lain di Pandeglang.

Irna juga meminta setiap desa memiliki prudes dan mengembangkannya sehingga menjadi andalan dalam meningkatkan perekonomian warganya.

Menurut dia, prudes dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan program pemerintah pusat dan bagian dari program “Membangun Indonesia dari Pinggiran” yang pencanangannya oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Maka, prudes dan BUMDes harus dikembangkan dan dikelola secara maksimal sehingga hasilnya sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta BUMDes menjadi penampung produk unggul yang dihasilnya oleh masyarakat setempat.

“Tugas utama BUMDes untuk menampung produk unggulan setempat yang dihasilkan masyarakat, jadi keberadaannya dirasakan oleh warga,” katanya.

Tugas BUMDes tersebut, kata dia, juga sesuai dengan harapan pemerintah pusat sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di desa.

Oleh karena itu, Bupati menargetkan semua desa di daerah itu memiliki BUMDes sehingga nantinya di Pandeglang terdapat 326 BUMDes. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...