Pemkab Morotai Bangun Sekolah Unggulan

0
Ilustrasi siswa yang tengah belajar. (ist)
SERUTERNATE.COM, Ternate – Minggu (5/11), Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) memprogramkan pembangunan sekolah unggulan di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah perbatasan itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pulau Morotai, Revi Dara ketika dihubungi dari Ternate, Minggu, mengatakan Pemkab semula memprogramkan pula pembangunan sekolah unggulan di tingkat SMA dan SMK, tetapi karena kewenangan pengelolahan SMA dan SMK sudah dialihkan dari kabupaten ke provinsi maka akan diupayakan pembangunannya dilakukan oleh provinsi.

Pembangunan sekolah unggulan tingkat Sekolah Dasar dan SMP itu, diprogramkan di seluruh kecamatan di Kabupaten Pulau Morotai, tetapi untuk tahap pertama direalisasikan di Kecamatan Morotai Selatan.

Ia mengakatan di kecamatan yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Pulau Morotai itu akan dibangun dua Sekolah Dasar unggulan dan satu SMP unggulan dengan anggaran dari APBD sebesar Rp7 miliar lebih.

Pembiayaan pembangunan ketiga sekolah unggulan itu diharapkan dapat ditalangngi terlebih dahulu oleh pihak ketiga setelah mendapatkan kontrak dari Pemkab Pulau Morotai, karena penganggarannya di APBD secara bertahap.

Menurut Revi Dara, pemerintah pusat telah menetapkan Kabupaten Pulau Morotai sebagai daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di sektor kelautan dan perikanan serta menjadi salah satu dari sepuluh destinasi wisata utama di Indonesia.

Oleh karena itu, pembangunan sekolah unggulan merupakan salah satu upaya konkrit dari Pemkab Pulau Morotai untuk menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas, yang nantinya akan mengisi kebutuhan tenaga kerja di berbagai bidang usaha di daerah itu.

Upaya lainnya yang akan dilakukan Pemkab Pulau Morotai untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten itu adalah meningkatkan kualitas guru, membenahi sarana dan prasarana sekolah, seperti gedung sekolah, laboratorium dan perpustakaan serta pemerataan tenaga guru. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: