Pemkab Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Berbasis Aplikasi Ponsel

0
Tim pengembang aplikasi Pak Dok saat melakukan pertemuan dengan Bupati Prof. Nelson Pomalingo. Foto: Istimewa
SERUGORONTALO.COM, Gorontalo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat berbasis aplikasi telepon seluler (ponsel) bernama “Pak Dok”.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Sabtu (7/10), mengatakan hal itu dilakukan dalam rangka penyediaan layanan kesehatan masyarakat Kabupaten Gorontalo. “Pada hari ini kita telah melakukan perjanjian kerja sama dengan tim dokter yang mengembangkan program Pak Dok tersebut,” ucap Nelson.

Ia menjelaskan nota kesepahaman tersebut berisi tentang koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dalam berbagai kegiatan dibidang kesehatan. “Pada akhir bulan November 2017 ini akan kita uji coba program Pak Dok di Puskesmas Limboto dan akan diluncurkan pada bulan Januari tahun 2018 nanti,” ungkapnya.

Menurutnya, layanan Pak Dok tersebut adalah inovasi baru di bidang kesehatan untuk peningkatkan layanan kepada pasien rumah sakit maupun masyarakat secara dalam jaringan (online).

Menurut Nelson, pembangunan kesehatan adalah bagian integral dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

“Layanan Pak Dok ini nantinya akan dikolaborasikan dengan Rumah Sakit, Puskesmas, dokter dan apoteker sehingga masyarakat dan pasien akan lebih mudah, lebih cepat dan lebih efisien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Pak Dok adalah mitra pelayanan kesehatan atau instrumen pelayanan yang dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, sehingga beberapa fiturnya akan bersinergi dengan beberapa fungsi layanan kesehatan Puskesmas-Puskesmas di Kabupaten Gorontalo.

Pak Dok memiliki visi agar pelayanan kesehatan merata, terjangkau, hemat biaya, akurat, terintegrasi dan berkesinambungan. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...