Pemkot Mataram Segera Tertibkan PKL atas Trotoar

0
Ilustrasi Pedagang Kaki Lima. Foto: Istimewa

SERUNESIA.COM, Mataram – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, segera melakukan penertiban pedagang kaki lima yang memanfaatkan trotoar karena dinilai menyalahi aturan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram Lalu Alwan Basri di Mataram, Kamis (24/8), mengatakan, sebagai persiapan penertiban, satgas perdagangan sudah diturunkan untuk melakukan pendataan.

“Pendataan keberadaan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di atas trotoar dilakukan sambil melakukan pendekatan agar PKL tidak lagi memanfaatkan trotoar untuk berjualan,” katanya.

Selain itu, delapan orang satgas perdagangan juga melihat kondisi di sekitar lapak PKL yang memungkinkan untuk merelokasi PKL agar tidak menggunakan trotoar.

Apabila, ada lahan kosong dan dinilai memungkinkan untuk merelokasi PKL, satgas akan memberikan laporan dan meminta izin untuk merelokasi PKL.

“Jadi, kalau kondisinya memungkinkan kami langsung merelokasi PKL ke lahan yang ada, agar tidak mengambil hak pejalan kaki,” ujarnya.

Akan tetapi, sambungnya ketika petugas tidak menemukan lokasi yang pas untuk relokasi, hal ini akan menjadi tugasnya untuk mencari lahan relokasi, dan melakukan penertiban bersama OPD terkait.

Alwan mengakui, keberadaan PKL di Kota Mataram semakin hari semakin menjamur karena Mataram sebagai pusat ibu kota tidak bisa luput dari incaran PKL.

“Untuk itu kami terus melakukan evaluasi sambil mencari solusi terhadap keberadaan PKL agar PKL bisa tetap berjualan tanpa melanggar aturan,” katanya.

Sejumlah jalan yang trotoarnya dimanfaatkan PKL antara lain, di Jalan Majapahit, Jalan Sriwijaya depan Lombok Epicentrum Mall, dan depan Rumah Sakit Daerah Kota Mataram.

Dari titik-titik tersebut, sudah ada beberapa langkah solusi seperti di Jalan Majapahit, PKL sudah diarahkan untuk berjualan di sisa lebih taman sehingga tidak berada di atas trotoar lagi.

“Untuk PKL yang sudah kita tertibkan, terus diawasi secara berkala agar mereka tidak kembali lagi berjualan di trotoar,” ujarnya. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: