Pemkot Pariaman Pasang Penahan Ombak Cegah Abrasi

0
Ilustrasi talut penahan ombak. (ant/serujambi)
SERUPADANG.COM, Pariaman – Pemkot Pariaman, Sumatera Barat, merencanakan pemasangan sejumlah “atrical reef” atau talut penahan ombak di sekitar kawasan Pulau Tangah kota itu untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

“Kawasan Pulau tangah akan dikembangkan sebagai Taman Burung, karena itu perlu antisipasi sedini mungkin pencegahan abrasi pantai,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pariaman, Asrizal, di Pariaman, Jumat (27/10).

Berdasarkan hasil tinjauan lapangan, arah ke Barat Pulau Tangah abrasi pantai sudah mulai mengikis dan dikhawatirkan terus meluas.

Apalagi, kondisi alam yang terus berubah secara fluktuatif dikhawatirkan berdampak buruk bagi keseimbangan ekosistem di sekitar pulau tersebut.

Pihaknya memperkirakan dibutuhkan sekitar 100 meter lebih pemasangan talut yang bersifat ramah lingkungan agar tidak merusak terumbu karang yang ada di kawasan itu.

“Pada bagian depan pulau arah ke Kota Pariaman masih cukup aman, namun kondisi di bagian barat sudah mulai terdampak abrasi pantai,” ujar dia.

Karena itu, pemerintah daerah harus segera memikirkan hal tersebut untuk mendukung pengembagan kawasan objek wisata Pulau Tangah.

Talut di Pulau Tangah tersebut, berbeda dengan Pulau Angso Duo yang mencapai 950 unit beton digunakan sebagai penahan ombak sekaligus rumah ikan.

Sementara, Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan pemerintah daerah merencanakan pembangunan Taman Burung di kawasan Pulau Tangah, dengan anggaran hingga Rp10 miliar.

Pembangunan taman burung tersebut berbentuk sangkar setinggi 32 meter dengan diameter 72 meter, dan akan diisi berbagai macam jenis burung tertentu untuk mendukung tingkat kunjungan pariwisata.

Selain itu pemerintah daerah juga akan membuat penginapan, pusat kuliner, kolam air tawar, dan asin serta taman bermain anak. Pengembangan Pulau Tangah katanya, juga didukung oleh pembangunan Dermaga Terapung bantuan dari pemerintah pusat.

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: