Pemkot Siapkan 125 Ekor Hewan Kurban

0
Jelang hari raya Idul Adha, Dinas Peternakan Kota Jambi mulai turun kelapangan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban. Foto: Eddy Junaedi/Seru Jambi

SERUJAMBI.COM, Jambi – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyiapkan 125 ekor hewan kurban untuk dipotong pada hari raya Idul Adha/hari raya kurban 2017. Walikota Jambi Syarif Fasha, mengatakan, hewan kurban itu terdiri dari 80 sapi dan 25 ekor kambing, semuanya akan dibagikan kepada warga Kota Jambi yang benar-benar membutuhkan.

“Sekitar 125 ekor hewan kurban akan kita potong,” kata Fasha usai membuka sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Ruang Pola Balai Kota Jambi, Kamis (24/8/2017).

Ia juga memastikan, ratusan hewan yang akan dipotong itu terhindar dari penyakit/virus jembrana, yang saat ini menular di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Seperti, Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi.

“Saya sudah instruksikan ke Dinas Kesehatan serta Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kota Jambi, untuk memastikan hewan yang akan kita potong itu terbebas dari virus itu,” tegasnya.

Sementara, dari keterangan Hendy Sauki, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Jambi, 125 ekor hewan kurban itu akan dipecah menjadi 2.000 paket. “Kupon akan kita berikan kepada warga Kota Jambi yang tersebar di 11 kecamatan,” ungkap dia.

Jumlah itu, sebelumnya sudah didata oleh Kesra Setda Pemkot Jambi. “Di antaranya yang menerima adalah masyarakat Kota Jambi yang kurang mampu, pegawai honorer di lingkup Pemkot Jambi, juga para pekerja harian lepas atau petugas kebersihan,” sebut dia.

Hendy menyebut, 80 ekor sapi dan 25 ekor kambing itu merupakan kurban dari PNS di lingkup Pemerintah Kota Jambi sebanyak 521 orang. “Sapi itu merupakan hewan kurban dari ASN yang ada di lingkungan pemerintahan kota Jambi,” kata dia.

Jumlah ini menurut Hendy, meningkat jika dibanding dengan tahun lalu. Pada 2016, Pemkot Jambi sebanyak 60 ekor hewan kurban. Dari keterangan Hendy, diketahui, bahwa 20 ekor diantaranya akan dipotong langsung dilapangan kantor Walikota Jambi, usai shalat ied. “Selebihnya akan disebar ke 11 kecamatan di Kota Jambi,” ujarnya.

Hendy menyebut, bahwa satu kupon hewan kurban itu nantinya akan ditukarkan dengan daging seberat satu kilogram. “Kita minta, saat pembagiannya nanti, masyarakat bisa tertib. Karena akan dikoordinasikan dengan camat dan lurah,” pungkas dia.(clp/nas)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: