Pemprov Dorong Aptikom Berperan dalam Pembangunan

0
Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom). (ist)

SERUJAYAPURA.COM, Jayapura – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) agar berperan aktif dalam percepatan pembangunan melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty, di Jayapura, Kamis (2/11), mengatakan peranan TIK sudah menjadi “bahan bakar” ekonomi dunia.

“Papua sebagai provinsi paling timur Indonesia memerlukan intervensi TIK dalam melakukan percepatan pembangunan daerah, pasalnya teknologi informasi berperan dalam membuka wilayah Bumi Cenderawasih tidak hanya di tingkat nasional, regional bahkan internasional,” katanya.

Menurut Elia, banyak potensi daerah Papua yang belum digarap secara optimal sehingga kerja sama dengan berbagai pihak sangat diharapkan, dan hal ini merupakan tantangan untuk membangun infrastruktur di Papua.

“Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam layanan elektronik ini adalah mengintegrasikan jaringan komunikasi dan diharapkan dapat mendukung Pemprov Papua dalam kesiapan infrastruktur guna meningkatkan layanan publik,” ujarnya.

Selain itu, TIK juga sebagai sarana untuk mendukung pelaksanaan kegiatan PON XX 2020 dengan menggunakan sistem informasi kepada masyarakat melalui teknologi informatika.

“Oleh karena itu kehadiran Aptikom di Tanah Papua diharapkan memberikan manfaat dan membawa arti penting dalam memerankan TIK di Bumi Cenderawasih karena mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” katanya.

Dia menambahkan kini arah transformasi kehidupan manusia di berbagai bidang adalah menuju masyarakat berbasis ilmu pengetahuan, di mana dengan adanya TIK ini sangat berpengaruh kepada kebijakan pembangunan di Papua. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...