Pemprov Evaluasi Aset Kerjasama Pihak Ketiga

0
Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Jambi – Pemerintah Provinsi Jambi akan mengevaluasi beberapa asset milik provinsi itu yang dikelola pihak ketiga karena tidak lagi sesuai dalam pembagian hasil.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik di Jambi, Rabu (27/9), mengatakan asset yang dievaluasi dan direvisi ulang itu yakni pengelolaan Mall WTC Batanghari dan Hotel Ratu dan Resort.

Dikatakan Erwan Malik, dalam kerjasama dengan pola Perjanjian Bangun Guna Serah (Build Operate Transfer) itu, pembagian besaran kerjasamanya sudah tak sesuai lagi dengan perkembangan zaman saat ini.

Dijelaskannya, kerjasama Mall WTC Batanghari itu sudah ada sejak tahun 2004 lalu, dengan PT Simota Putra Parayudha (SPP). Dalam pengelolaanya digunakan sistem bagi hasil keuntungan dengan masa kontrak selama 30 tahun yang dihitung dari tahun 2007.

“Setiap tahunnya, Pemprov Jambi mendapat bagian hasil dari keuntungan pengelolahan gedung WTC sebesar 5 persen pada 10 tahun pertama dan akan bertambah hingga 20 persen untuk selanjutnya. Namun sejak beroperasi tahun 2007 lalu, per tahun pihak pengelola hanya menyetor sebesar Rp70 juta,” kata Erwan.

Begitu juga dengan Hotel Ratu dan Resort yang dikerjasamakan Pemprov dan PT Jambi Sapta Manunggal Pratama (JSP). Dimana bagian hasil sebesar Rp200 juta per tahun, namun juga dianggap sangat kecil, apabila dihitung dengan gedung yang dikelola.

“Jumlah itu sangat kecil, makanya kita akan melakukan pengkajian ulang. Dalam waktu dekat kita akan panggil pihak pengelola,” katanya.

Dengan beberapa item yang dikelola Hotel Ratu seperti kamar dan kolam renang serta gedung RCC, seharusnya setoran bagi hasil yang diberikan ke Pemprov jauh lebih besar.

Erwan mengatakan selain jumlah setoran yang kecil PT JSP juga masih memiliki tanggungan membangun 30 kamar lagi. Dalam perjanjian tertuang PT JSP diwajibkan membangun sebanyak 90 kamar.

Ditanya berapa kenaikan yang akan diminta oleh Pemprov Jambi, Erwan mengatakan hal ini belum akan diungkapkan. Namun pastinya jumlah yang akan diminta kepada pihak ke-tiga tersebut akan lebih besar dari nilai sebelumnya.

“Kita sudah punya itung-itunganya, namun belum bisa kita ungkapkan,” katanya menambahkan. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: