Pemprov Jambi Siapkan 300 Calon Pekerja Terampil

0
Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar. Foto: Istimewa

SERUJAMBI.COM, Jambi – Pemerintah Provinsi Jambi mengikutsertakan 300 calon pekerja asal daerah itu dalam program magang oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) sebagai upaya menciptakan calon tenaga kerja yang terampil dan kompetitif.

“Kegiatan pemagangan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi calon pekerja yang mencakup peningkatan pengetahuan, keterampilan, disipilin, sikap/perilaku sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan siap kerja,” kata Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar, kemarin (20/7).

Disnakertrans Jambi bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan di Provinsi Jambi untuk memfasilitasi peserta untuk magang.

Sasarannya untuk menghasilkan calon tenaga kerja yang kompetitif di Provinsi Jambi, bahkan di tingkat nasional dan internasional.

Wagub mengatakan ada 26 perusahaan mitra pemerintah yang akan menampung calon pekerja magang. Para peserta akan dilatih selama lima bulan dengan satu bulan di dalam kelas dan empat bulan di lapangan.

Dia mengatakan program yang dilaksanakan oleh Disnakertrans dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan tangguh itu disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

“Peserta magang tidak lagi bersaing untuk mendapatkan lapangan pekerjaan dengan sesama masyarakat Jambi atau bangsa Indonesia, akan tetapi kompetitior kita sudah dari negara lain. Oleh karena itu melalui kesempatan ini saya berpesan agar seluruh masyarakat Jambi berbenah mempersiapkan diri agar tidak kalah bersaing,” ujarnya.

Wagub juga berpesan kepada para peserta magang untuk menjaga etika selama proses pemagangan dan memanfaatkan waktu pemagangan untuk meningkatkan kompetensi diri dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Dia menyakini program itu akan berhasil secara optimal apabila adanya kerja sama yang baik antara peserta magang dan perusahaan serta adanya kesungguhan hati dari para peserta.

“Saya juga berharap kepada pengusaha untuk dapat membina dan membimbing peserta magang serta memberikan laporan ke pemerintah yang sebenarnya terhadap perkembangan peserta magang di perusahaan-perusahaan,” jelasnya.

Sementara itu, Ditjen Binalatas Kementerian Ketenagakerjaan Suhadi yang hadir dalam pelepasan peserta magang itu mengapresiasi Pemprov Jambi atas program yang dilakukan sebagai upaya menciptakan SDM handal.

“Kami sangat mengapresiasi dan berharap kegiatan ini terus dianggarkan di APBD dan kepada perusahaan saya berharap dapat melaksanakan program ini secara mandiri seperti yang sudah dilaksanakan di beberapa provinsi,” kata Suhadi. (ant/isa)

Loading Facebook Comments ...
loading...