Pengungsi Rohingya Capai 270 Ribu Jiwa

1
Aksi solidaritas Rohingya Massa menggelar aksi solidaritas untuk Rohingya. Foto: ant/serujambi
SERUNESIA.COM – Pengungsi Rohingya hingga saat ini sudah mencapai 270 ribu jiwa. Mereka ditampung di kamp-kamp Bangladesh. Ini informasi dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) seperti dirilis The New York Times (NYT) Jumat 8 September 2017.
Pada hari Kamis, badan United Nation atau PBB merilis, sekitar 164.000 orang Rohingya telah melarikan diri sejak pertempuran pecah pada akhir Agustus. Dua kamp pengungsi di Cox’s Bazar, tenggara Bangladesh, kini telah menjadi rumah bagi hampir 34.000 orang Rohingya.
“Sekarang meledak. Kapasitas shelter yang terbatas sudah habis. Pengungsi sekarang berjongkok di tempat penampungan darurat yang telah menjamur di sepanjang jalan dan di lahan yang tersedia di daerah Ukhiya dan Teknaf,” beber Duniya Aslam Khan, juru bicara agen pengungsi.
“Kenaikan tajam tersebut merupakan dampak dari banyaknya orang yang meninggalkan Myanmar,” tulis Mohammed Abdiker, direktur operasi dan keadaan darurat untuk badan migrasi Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Internasional untuk Migrasi, di aku twitter-nya seperti dikutip NYT.

BERITA TERKAIT:

Para pengungsi di Bangladesh sebagian besar adalah wanita dan anak-anak. Mereka melakukan perjalanan jauh dengan. PBB menyebut, beberapa telah mencoba melakukan penyeberangan yang berbahaya dengan kapal. Minggu lalu, setidaknya 46 Rohingya ditemukan tewas di sepanjang tepi Sungai Naf, yang merupakan bagian dari perbatasan antara Myanmar dan Bangladesh.
Untuk diketahui, Rohingya adalah kelompok etnis Muslim yang menghadapi penindasan berat di Myanmar, di mana mayoritas umat Buddha telah lama memerintah. Sekitar satu juta Rohingya tinggal di Negara Bagian Rakhine di bagian barat negara tersebut. Tambahan 300.000 sampai 500.000 orang tinggal di Bangladesh, kini berada di kamp-kamp pengungsian yang suram.(nas/NYT)

Sumber: www.nytimes.com

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: