Perdana, Festival Kopi di Festival Batanghari 2017

0
Ilustrasi Kopi. Foto: Istimewa
SERUJAMBI.COM, Jambi – Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun 2017 ini, Festival Batanghari akan di kemas dengan konsep yang berbeda. Jika tahun sebelumnya, hanya kegiatan seni, pameran, dan atraksi budaya, tahun ini akan ada festival kopi khas Jambi.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, melalui Kasi Program Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Edius Efendi, mengatakan, festival kopi ini akan menyuguhkan kopi khas Jambi dari berbagai daerah penghasil kopi se Provinsi Jambi, seperti dari Kerinci, Tanjabtim, Tanjabbar, dan sejumlah kabupaten kota lainnya. “Kita ingin mengenalkan ke masyarakat Jambi maupun Indonesia bahwa kita punya kopi yang sudah mendunia. Nanti disana akan tampilkan lengkap dengan koki terbaiknya. Tapi ini masih tahap perencanaan,” ungkap Edius.
Selain itu, Dispar Provinsi Jambi, kata dia, juga merencanakan akan menyelenggarakan lomba pacu perahu, yang beberapa tahun terakhir ini sempat ditiadakan. Namun demikian, event ini belum final masuk list agenda yang akan dilaksanakan pada festival itu. “Kita lihat prediksi cuaca dulu. Mengingat acara kita ini kan di November. Informasi terakhir, November Jambi bakal di guyur hujan. Tapi ini masuk dalam list perencanaan kita,” kata dia.
Terkait pendanaan, menurut Edius, sudah ready. Hanya saja, ia belum mengetahui secara pasti, berapa besaran anggaran yang akan diperuntukkan untuk event tahunan tersebut. “Anggarannya sudah siap, kita tinggalkan fix kan kegiatannya, apa-apa saja,” ujar dia.
Kepada Seru Jambi, Edius mengungkapkan, bahwa di rencana awal dan sesuai arahan Gubernur Zumi Zola, Festival Batanghari akan digandeng dengan festifal jazz. Namun karena keterbatasan anggaran, event yang diperkirakan mampu menyedot perhatian nasional, bahkan international itu, di tunda pada tahun depan. “Anggaran kita terbatas. Kita tunda di tahun depan,” pungkasnya.(clp)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: