Pertama dalam Dua Abad, Kaisar Akihito Akan Turun Takhta

0
Kaisar Akihito
SERUNESIA.COM, Jakarta – Untuk pertama kalinya dalam dua abad, Kaisar Jepang akan turun takhta. Pada 2019, Kaisar Akihito akan menyerahkan pusaka kekaisaran kepada Pangeran Naruhito.
Sejumlah sumber mengatakan kepada harian Asahi, Jumat (20/10), bahwa kini pemerintah sedang merampungkan jadwal resmi penyerahan takhta ini.
Para sumber itu memperkirakan Akihito akan turun takhta sekitar Maret 2019. Namun, Naruhito baru akan mulai menduduki singgasana kaisar pada 1 April.
Menurut sumber tersebut, jadwal ini sengaja diatur agar masyarakat dapat dengan mulus menerima pergantian kekaisaran dari Era Heisei, yang sudah dimulai sejak 1989, ketika ayah Akihito, Hirohito, mangkat.
Sebagaimana dilansir Reuters, Badan Urusan Kekaisaran juga ingin transisi itu digelar pada musim semi 2019 karena jadwal keluarga kekaisaran sangat padat pada musim gugur dan dingin.
Padatnya jadwal ini diharapkan dapat mempermudah warga Jepang menerima pergantian kaisar yang tak pernah terjadi sebelumnya.
Akihito sendiri selama ini sebenarnya tidak pernah terlalu tampil di hadapan publik. Selama berpuluh tahun, ia bekerja dari dalam rumah atau luar negeri, sembari menyembuhkan luka akibat Perang Dunia II.
Saat menginjak usia 83 tahun, Akihito akhirnya tampil di hadapan publik dan mengatakan bahwa ia takut tak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik karena kondisi kesehatannya setelah menjalani perawatan kanker prostat dan operasi jantung.
Dalam pernyataan tertulisnya saat merayakan ulang tahun Akihito ke-83, Permaisuri Michiko mengungkapkan rasa harunya karena perjalanannya tahun ini bersama Kaisar Akihito di sekitar Jepang mungkin akan menjadi yang terakhir kalinya.
Sang permaisuri juga mengatakan bahwa kini ia merasakan “kedamaian yang tak terkira” karena mengetahui Akihito dapat beristirahat dan melewati hari dengan tenang. (abadikini/ara)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: