Pertamina EP Jambi Selesaikan Eksplorasi Dua Sumur

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa

SERUJAMBI.COM, Jambi – Pertamina EP Aset 1 Field Jambi sedang menyelesaikan pengeboran siesmik eksplorasi dua sumur di wilayah Kumpeh, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, guna menemukan potensi cadangan minyak dan das bumi yang tujuannya untuk menggenjot produksi.

Jambi Field Manager Alice Maylana mengatakan, kedua sumur yang sedang dalam tahap penyelesaian eksplorasi tersebut, yakni Struktur Puspa Asri melalui Sumur Puspa Asri II dan III.

“Puspa Asri III selesai pengeboran dan saat ini masih evaluasi keekonomisannya, jika ekonomis kemudian dilanjutkan untuk produksi (eksploitasi). Sedangkan untuk di Puspa Asri II masih dalam penyiapan lokasi,” ungkapnya.

Untuk kedua sumur yang masih dalam tahap pengeboran eksplorasi tersebut ditargetkan dapat diselesaikan pada tahun ini sehingga dapat diketahui cadangan minyak dan gas (migas) bumi yang terdapat di dalam sumur itu.

Sementara itu, Humas Pertamina EP Field Jambi Arina Hidayatulchasanah menjelaskan, dalam pengerjaan pengeboran eksplorasi sumur tersebut ditangani oleh tim lapangan eksisting.

“Jika sumur eksplorasi itu tidak ekonomis maka tidak diproduksi, namun tetap menjadi catatan kita, karena dalam satu kali `ngebor` untuk produksi itu membutuhkan biaya atau nilai investasi sebesar 4-6 juta dolas AS,” katanya.

Selain itu pada tahun 2018 mendatang, Pertamina EP yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) juga merencanakan ada tiga sumur baru yang akan berproduksi (eksploitasi) di wilayah kerjanya itu.

“Ada tiga sumur yang akan diproduksi rencananya tahun 2018, untuk lokasinya dimana belum bisa disebutkan,” bebernya.

Arina menambahkan, realisasi produksi minyak bumi di wilayah Field Jambi sepanjang semester I 2017 sebesar 3.484 barel per hari (BOPD) atau mencapai 99 persen dari target. (ant/isa)

Loading Facebook Comments ...
loading...