PKB Dukung Kebijakan Pemerintah Revitalisasi Rel Kereta

0
Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar. Foto: Istimewa
SERUNESIA.COM, Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung kebijakan pemerintah yang berencana membangun serta merevitalisasi rel kereta di berbagai daerah termasuk di luar Jawa sebagai upaya untuk mengembangkan sektor transportasi massal.

“Kami dukung kebijakan Pak Jokowi membangunkan rel KA di luar Jawa dan revitalisasi rel lama di Jawa,” kata Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar dalam rilis, Minggu (1/10).

Menurut politisi yang akrab dipanggil Cak Imin, Indonesia harus menyediakan rel kereta api sebagai moda transportasi berbasis rel ramah lingkungan yang modern.

Selain itu, ujar dia, berbagai kota besar di Indonesia harus mulai mencontoh Jakarta dengan angkutan massal berbasis rel yang sedang di bangun.

“Pembangunan jalan tol yang mahal dan masif, harus diimbangi membangun rel baru di luar Jawa,” katanya.

Ketum PKB berpendapat, hanya dengan MRT (transportasi massal cepat) dan LRT (kereta ringan) serta KRL, maka beragam persoalan transportasi yang “ngejelimet” dapat diatasi.

Ketiga hal tersebut, lanjutnya, juga merupakan sebuah solusi transportasi massal urban yang efisien dibandingkan dengan solusi lainnya seperti membangun jalan tol lintas provinsi.

Cak Imin menyadari bahwa penggandaan rel lintas provinsi yang sudah memiliki rel mesi sangat ekonomis namun kerap dihadapi masalah pembebasan lahan.

“Pembenahan KAI selama 5 tahun terakhir adalah bukti bahwa bangsa kita bisa diajak berubah ke arah lebih. Tak ada lagi penumpang berjejal di atas gerbong dan di lokomotif. Anak cucu kita sulit percaya ini pernah kita alami,” paparnya.

Untuk itu, ujar dia, berbagai permasalahan bisa dibenahi asal ada kemauan bersama untuk menjadi lebih baik, dan hal tersebut sudah dibuktikan dengan pembenahan yang telah dilakukan KAI.

Sebagaimana diwartakan, Presiden Joko Widodo naik kereta api komuter dalam rangka merayakan hari ulang tahun PT KAI sekaligus merekam dan memberikan ucapan selamat dari atas kereta yang ditumpanginya kepada BUMN tersebut.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun PT Kereta Api Indonesia ke-72. Semoga PT KAI semakin maju dan melaju, dan menjadi moda transportasi yang favorit, yang aman, yang cepat, dan tepat waktu. Ayo naik kereta api!” Kata Presiden Jokowi di dalam gerbong Commuter Line sebagaimana disampaikan Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (29/9).

Presiden secara khusus melakukan rekaman untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan cara yang lain dari seperti biasanya. Presiden tidak sekadar menyampaikan ucapan dari Istana Merdeka, tetapi memberikan ucapannya di atas KA komuter. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...