POLEMIK CB-PDGI: Dewan Kompak Bela CB, Segera Panggil drg Iwan

1

SERUJAMBI.COM – Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Jambi, Kusnidar, angkat bicara terkait polemik antara Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston (CB) dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Menurut Kusnidar, pihak BK sangat menyayangkan adanya somasi dari PDGI. Apalagi telah beredar di media sosial. “Seharusnya PDGI komunikasi dulu dengan kita, tanyakan duduk persoalnya terlebih dahulu, jangan ujug-ujug langsung melayangkan somasi, apalagi diedarkan di media sosial. Tentu sangat tidak baik dinilai publik,” ujar Kusnidar kepada Seru Jambi, Sabtu (26/8/2017) malam.

Kusnidar menjelaskan, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston, merupakan corong semua anggota dewan. Dan dewan memiliki fungsi pengawasan sesuai dengan amanah undang-undang. “Jadi setiap perkataan dari Pak Cornelis (CB) baik di dalam gedung ataupun di luar gedung, itu dilindungi UU MD3, asal sesuai dengan koridornya,” jelas Kusnidar.

Sementara, terkait somasi tersebut, Kusnidar menegaskan telah menghubungi Komisi IV untuk segera memanggil Dirut RSRM Drg Iwan Hendrawan, yang menjadi awal munculnya konflik ini. “Kita minta kepada Komisi IV untuk segera menjadwalkan panggilan kepada Dokter Iwan. Kita juga meminta persoalan ini tidak meluas kemana-mana,” tegasnya.

Kusnidar juga mengatakan, kepada Direktur RSRM, Drg Iwan, jika tidak ingin dikritik dewan, jangan menjadi pejabat. ”Kan tugas kita mengkritik, kalau dia tidak ingin dikritik, ya jangan jadi pejabat lah,” cetusnya.

Polemik ini, juga cukup menarik perhatian dari Pimpinan Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra (SAH). SAH mengatakan, dalam konteks pengawasan dewan, pihaknya mendukung apa yang dilakukan oleh Cornelis Buston.

“Namun dalam kapasitas DPRD dan mitra kerja, sebaiknya dilakukan dengan profesional saling menghormati dan menghargai profesi seorang dokter termasuk profesi dokter gigi,” ujar SAH, yang saat dihubungi sedang berada di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dan ingin bertolak ke Semarang dalam rangka kegiatan memimpin panitia kerja (panja) sistem perbukuan.

Jadi SAH menegaskan, dalam hal pengawasan, mari mengacu pada indikator yang jernih dan saling menghargai. “Sedangkan masalah somasi, mari kita kedepankan solusi dan saling mengedepankan kepentimgan masyarakat dan layanan kesehatan. Jangan buang energi untuk saling mempermasalahkan,” pungkas SAH.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston (CB) menegaskan, ia tidak akan meminta maaf kepada siapapun. Karena, sudah menjadi tugas fungsi dewan mengkritisi setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ataupun badan penyelenggaran daerah, termasuk Rumah Sakit Raden Mattaher (RSRM).

“Saya atas nama DPRD tidak akan meminta maaf kepada siapapun, sudah menjadi tugas kami. Dan kami juga dilindungi oleh UU MD3 dalam melakukan kritikan, itu sudah jelas kami memiliki imunitas,” tegas CB kepada Seru Jambi.

Atas somasi tersebut, lanjut CB, dirinya sudah mengarahkan Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Jambi untuk menggelar rapat umum. “Di BK juga tidak ada kata meminta maaf, kerena ini kredibilitas kita sebagai anggota dipertaruhkan. Nanti (kalau meminta maaf) kita mengkritisi, akan ada lagi yang somasi. Kan lucu jadinya,” jelas CB.

Terpisah, Drg Iwan, yang juga merupakan Ketua PDGI Provinsi Jambi, mengatakan, PDGI Provinsi Jambi belum bisa mengeluarkan statemen di media. ”Itu sudah ranahnya (PDGI) pusat. Jadi biarkanlah pusat yang memberikan statemennya,” ungkap Iwan.

Iwan yang juga menjabat sebagai Direktur RS Raden Mattaher (RSRM) ini, menambahkan, saat ini polemik PDGI dan DPRD Provinsi Jambi cukup membuang energi. “Jadi, ya, jangan dibesar-besarkan, kita perlu energi lebih untuk dalam membangun, lebih baik kita arahkan energi kita dalam pembangunan,” imbuh Iwan.

Iwan sendiri secara pribadi siap untuk memenuhi panggilan Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, dalam kasus ambulance RSRM. ”Saya secara pribadi maupun sebagai direktur RSRM, siap penuhi panggilan itu,” jelasnya.(hry/nas)

SELENGKAPNYA BACA HARIAN PAGI SERU JAMBI, Edisi Senin 28 Agustus 2017.

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: