Polemik Pergantian Nama Kota Kerinci, Jonni Mardizal : Seberapa Urgent?

0
Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif merangkap Plt Deputi bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora.

SERUJAMBI.COM.KERINCI-Tokoh asal Kerinci yang kini menjabat staf ahli Menteri Pemuda dan Olahraga, Jonni Mardizal ikut angkat bicara terkait wacana penggantian nama kota Sungaipenuh menjadi Kota Kerinci.

“Sayo punyo pandangan agak berbeda,”ujarnya.
Jonni menjelaskan, siapa saja boleh berwacana untuk penggantian nama tersebut.  Sebagaimana di daerah lain, misalnya Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, Kabupaten dan Kota semarang, serta banyak kota lainnya di Indonesia. Tapi banyak juga daerah yang tetap mempertahankan nama kotanya dan kabupaten dengan nama sendiri.

“Misalnya Jambi yang dulunya merupakan ibu kota Batanghari, tidak disebutkan kota Batanghari,”ujarnya.
Jonni menegaskan seberapa urgent penggantian nama kota Ini harus dibahas? Sebab, kata dia, masih banyak masalah yang harus diselesaikan Oleh Pemerintah Kota Sungaipenuh. Seperti penataan pasar, lahan terbuka hijau, pengangguran dan lapangan kerja, pariwisata dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Saya cenderung mendorong bagaimana Pemerintah kota meningkatkan kwalitas pendidikan, pelayanan Kepemudaan, meningkatkan minat berwirausaha di kalangan pemuda, masih banyak lagi,”ujarnya.

5Belum masalah Keamanan, peredaran Narkoba, pelayanan pemkot terhadap warganya. Untuk perobahan nama tersebut pasti memerlukan biaya, lebih baik dana yang Ada dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah seperti itu.

Disamping itu Pemkot juga perlu meningkatkan kapasitas SDM untuk dapat melaksanakan clean government dan Good governance , menempatkan personil sesuai dengan keahlian dan pengalamannya serta bertidak objektif terhadap ASN, dengan menerapkan reward and punishment .

“Bagaimana menjadikan sungaipenuh menjadi Smart City, kota yang menyenangkan bagi warganya serta pengunjungnya,”katanya.

Ada yang berpendapat Sungaipenuh tidak dikenal, Jonni menilai tidak juga karena di Zaman now kata Generasi milenial, informasi sudah mudah diakses. Buktinya, silakan search di internet, pasti didapat informasi tentang Sungaipenuh.
“Kalau toh masih dianggap tidak “terkenal”, ya tugas Pemerintah kota untuk memperkenalkannya ke dunia luar dengan dengan cara “kekinian” bukan dengan cara konvension dan “kuno”,”tegasnya.(rzi)

Loading Facebook Comments ...
loading...