Polisi: Sakejor Bantu Jaga Kamtibmas

0
Ilustrasi polisi. Foto: Istimewa
SERUPADANG.COM, Padang Aro – Satuan Keamanan Jorong (Sakejor), meningkatkan peran serta tingkat jorong (dusun) di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala Polsek Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan, AKP Henwell di Padang Aro, Jumat (6/10), menyebutkan Sakejor yang telah dibentuk pada delapan jorong (dusun) di Nagari (desa adat) Pakan Rabaa kabupaten setempat.

Sakejor merupakan inisiatif pemerintah nagari setempat, kepala jorong bersama Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam upaya mencegah tindak kriminal di daerah itu. “Inisiatif ini muncul setelah upaya menggalakan kembali Poskamling gagal karena pelbagai alasan dari masyarakat,” ujarnya.

Sakejor yang dalam pelaksanaannya ditugaskan dua relawan setiap malam dari pukul 00.00 WIB hingga 5.00 WIB. Jam-jam tersebut dinilai merupakan waktu yang rawan tindak pidana, terutama pencurian.

Sakejor yang telah dibentuk sejak awal Maret 2017, setidaknya telah mampu menggagalkan dua upaya pencurian ternak di nagari tersebut. “Pada awalnya Sakejor untuk mencegah pencurian ternak dan pencurian kendaraan bermotor. Secara perlahan akan ditingkatkan perannya,” sebutnya.

Relawan Sakejor, yang telah dibina oleh pihak kepolisian setempat, juga dibekali dasar-dasar hukum agar dalam menangani perkara tidak melanggar hukum. “Mereka selalu berkoordinasi dengan polisi,” ujarnya.

Para relawan tersebut juga menjadi perpanjangan tangan kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Pada saat penilaian sistem keamanan keliling (Siskamling) yang dilakukan Polda Sumbar, program Sakejor mendapatkan penghargaan nomor satu pada Hari Ulang Tahun Bhayangkara 1 Juli yang lalu.

Karena dinilai mampu membantu pihak kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, pihak Polsek setempat menginstruksikan kepada Bhabinkamtibmas agar ditempat mereka tugas dibentukan serupa. “Karena ini layak ditiru, kami instruksi Bhabinkamtibmas bersama wali nagari dan kepala jorong untuk membentuk Sakejor di tempat mereka bertugas,” ujarnya. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: