Presiden Dijadwalkan Kunjungi Balkondes Tuksongo Borobudur

0
Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur. Foto: Istimewa
SERUJOGJA.COM, Yogyakarta – Presiden Joko Widodo, Senin (18/9) siang dijadwalkan mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Sebelum mengunjungi Balkondes yang dikelola PT Telkom Indonesia Tbk (Persero), Presiden terlebih dulu menghadiri acara Pembukaan Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma’arif Nadhlatul Ulama Nasional (Perwiranas) II Tahun 2017 di Magelang.

Di Balkondes Tuksongo, Kepala Negara akan disambut Menteri BUMN Rini Soemarno dan Dirut Telkom Alex J Sinaga berkeliling meninjau berbagai fasilitas Balkondes seperti sentra UKM, ruang serbaguna, pendopo workshop, pustaka digital.

Pada kesempatan itu, Presiden akan memberikan secara simbolis sebanyak 10.000 bibit cengkeh dan kopi kepada sebanyak Kepala Desa se Kecamatan Borobudur.

Balkondes merupakan salah satu program Kementerian Kementerian BUMN untuk ikut membantu Pemerintah dalam meningkatkan jumlah wisatawan sekaligus mengangkat perekonomian suatu daerah.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan Balkondes ini merupakan Interconnecting Tourism System berbasis komunitas, selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, juga pemberdayaan dan pengembangan SDM yang berbasis wisata.

Khusus di kawasan Candi Borobudur sebanyak 15 BUMN mulai mengembangkan Balkondes antara lain Balkondes PT Telkom Indonesia Tbk di Desa Tuksongo, PT Bank BTN di Desa Karanganyar, PT Bank BNI di Desa Wanurejo, PT Hutama Karya di Desa Kebon Sari, PT Bank BRI di Desa Tanjung Sari, PT Pertamina di Desa Wringin Putih, PT Semen Indonesia di Desa Candirejo.

Masing-masing Balkondes nantinya dibangun hingga 10 unit fasilitas penginapan (home stay). Dengan begitu wisatawan lokal maupun mancanegara dapat menikmati suasana desa dengan berbagai aktivitas liburan dan hiburan pertujukan kesenian.

Konsep pengembangan Balkondes digarap bersinergi dengan BUMN Pariwisata yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Persero, maupun dengan PT Patrajasa anak usaha Pertamina yang menjadi manajemen Balkondes.

BUMN mengalokasikan dana bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungan (CSR) dikelola bersama desa atau kelurahan setempat dengan masyarakat.

Sementara itu, Dirut Telkom Alex J Sinaga mengatakan, Balkondes Tuksongo berada di lahan seluas 6.000 meter persegi dengan fasilitas meliputi ruang pendopo, ruangan workshop, ruang meeting, homestay enam unit, musholla, toilet umum, toilet untuk kalangan difabel, taman dan ruang terbuka untuk teater. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: