PU Kota Akui Kekurangan Pengawas Ahli

0
Pembangunan drainase di Lorong Pattimura Kota Jambi yang terkesan asal jadi.
SERUJAMBI.COM, Jambi – Buruknya kinerja kontraktor yang mengerjakan sejumlah proyek di Kota Jambi, diakui Walikota Jambi Syarif Fasha, karena keterbatasan tenaga pengawas ahli di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Jambi.
Kepada Seru Jambi, usai paripurna DPRD Kota Jambi (25/09/2017), Fasha mengatakan, saat ini Dinas PU Kota Jambi hanya memiliki 6 pengawas yang ahli dibidang teknik. “Kita memang kekurangan pengawas yang pure sarjana teknik. Bayangkan saja, dengan jumlah segitu dibandingkan dengan proyek yang di awasi di Kota Jambi saat ini. Satu bidang, dalam satu tahun itu bisa puluhan proyek. Sementara instansi kita yang ada di Kota Jambi ini banyak,” kata Fasha.
Kondisi ini pulalah, kata dia, yang menyebabkan sejumlah program pembangunan yang telah direncanakan dalam pembangunan itu tertunda. “Ini mengapa, ada beberapa program pembangunan itu kita tunda. Biar hasilnya maksimal,” ungkap Fasha.
Dari masalah ini juga, Fasha mengaku termotivasi untuk membuat program Bangkit Berdaya. Dimana dalam program ini, masyarakat secara swadaya ikut terjun memantau dan mengawasi pengerjaan proyek yang dilakukan di Kota Jambi. “Pengawasan dilapangan ini tidak bisa maksimal. Oleh karenanya, kemarin saya ajak masyarakat. Ayo sama-sama, kita awasi pengerjaan proyek untuk pembangunan Kota Jambi ini,” kata Fasha menambahkan.
Hasilnya juga cukup positif. Di beberap lokasi pengerjaan proyek, warga, kata dia, mulai aktif berkomentar dan memprotes hasil proyek yang dikerjakan oleh sejumlah kontraktor nakal. Bahkan di beberapa wilayah, warga juga melakukan aksi demonstrasi. “Ini tentu positif bagi pembangunan. Agar, peluang kontraktor nakal untuk membuat asal jadi itu berkurang,” tutup Fasha.(clp)
Loading Facebook Comments ...
loading...