Puan Maharani: Mahasiswa Harus Pahami Peluang-Tantangan Era Globalisasi

0
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Foto: Istimewa

SERUNESIA.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meminta mahasiswa harus memahami peluang dan tantangan di era globalisasi.

“Persaingan dalam era globalisasi akan sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya dalam mengelola potensi bangsa dan negaranya untuk dapat bersaing,” kata Menko PMK dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (14/8).

Puan menjelaskan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia terbagi menjadi tiga agenda strategis yang dilaksanakan untuk dapat mengembangkan potensi rakyat Indonesia. Hal tersebut ialah menjamin pemenuhan kebutuhan dasar, meningkatkan kapabiltas manusia Indonesia, serta membangun karakter bangsa.

Menko PMK menegaskan akan pentingnya arti gotong-royong dalam pembangunan karakter bangsa. Gerakan nasional revolusi mental adalah merupakan salah satu agenda pembangunan yang strategis, sebagai upaya dalam membangun bangsa dan karakter.

“Praktik perubahan untuk kemajuan di perguruan tinggi dapat dilihat dari kerja nyata civitas akademika dalam membangun budaya antiplagiat, antinarkoba, budaya keilmuwan yang menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat, membangun budaya kampus yang bersih, membangun kesantunan, memperteguh jiwa Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila, dan menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertemakan revolusi mental,” jelas Puan.

Dia menegaskan perlunya kerja sama dan peran serta tanggung jawab semua pihak demi mencapai tujuan kemajuan bangsa dan negara.

Puan berpendapat kerja bersama akan menghasilkan kemajuan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian yang cepat terwujud. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: