Puluhan Jurnalis Ikuti Penyuluhan Bahasa Indonesia

0
Ilustrasi jurnalis. (ist)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Puluhan jurnalis media cetak dan dalam jaringan (online) di Kota Jambi, Rabu (25/10), mengikuti penyuluhan bahasa untuk peningkatan pemahaman penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan berita.

“Kegiatan penyuluhan tersebut untuk memasyarakatkan bahasa Indonesia secara baik dan benar sesuai visi dan misi Balai Bahasa,” kata Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi Syaiful Bahri Lubis disela pembukaan penyuluhan Bahasa Indonesia bagi jurnalis itu.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangkaian memperingati bulan bahasa, salah satunya penyuluhan yang berkaitan dengan penggunaan bahasa pada media massa.

“Kami di sini tidak bermaksud menggurui, bahasa itu ibarat pakaian karena bahasa pasti disesuaikan dengan kapan digunakan, jadi penyuluhan ini bagaimana kita mengerti penggunaan bahasa yang baik dan benar,” kata Syaiful.

Kantor Bahasa Provinsi Jambi kata dia, juga rutin melakukan pengkajian dan membedah bahasa di media massa yang ditulis oleh para jurnalis, sehingga bahasa yang disajikan pada media massa harus sesuai kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Selain itu melalui penyuluhan tersebut, jurnalis diharapkan dapat memartabatkan negaranya dengan terus menggunakan dan menggelorakan penggunaan Bahasa Indonesia.

“Intinya juga kami menitipkan kepada teman-teman jurnalis tolong bahasa ini kita rawat bersama untuk nasionalisme kita,” katanya menambahkan. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: