Puncak Harganas Digelar di Bone Bolango

0
Ilustrasi Hari Keluarga Nasional. Foto: Istimewa

SERUGORONTALO.COM, Gorontalo – Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXIV tingkat Provinsi Gorontalo, digelar di halaman kantor Bupati Bone Bolango, Selasa (15/8).

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI Surya Chandra Surapaty, yang menghadiri langsung kegiatan itu mengatakan tema sentral pada Harganas XXIV adalah “Dengan Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan”.

“Dengan tema dan pesan inti tersebut, diharapkan dapat menjadi pemicu bagi keluarga Indonesia untuk dapat terus menerus meningkatkan ketahanan keluarganya sehingga mampu melahirkan generasi berkualitas,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa keluarga menjadi wahana pertama dan utama dalam pembangunan karakter bangsa. Pembentukan perilaku yang berbudi pekerti, memiliki semangat pantang menyerah dan berjiwa gotong royong.

“Pembangunan keluarga bertujuan untuk meningkatkan kualitas keluarga agar dapat timbul rasa aman, tenteram dan harapan masa depan yang lebih baik dalam mewujudkan kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin,” jelasnya.

Keluarga yang berketahanan dan sejahtera kata Surya, adalah keluarga yang memiliki ketangguhan dan kemampuan secara sosial, ekonomi dan budaya, sehingga kehidupan keluarga dapat hidup mandiri, sejahtera dan bahagia.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan bahwa kegiatan Harganas tahun 2017 di daerah itu terasa istimewa dengan kehadiran dari Kepala BKKBN RI.

“Untuk pembangunan keluarga, dari total penduduk sebanyak 130 ribu orang, 30 ribu diantaranya adalah pasangan usia subur, dimana dominan merupakan peserta keluarga Berencana (KB) implan, yang masih kurang adalah peserta vasektomi,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tingkat kesertaan program KB di daerah tersebut memenuhi target sesuai yang diamanatkan oleh BKKBN pusat.

“MUdah-mudahan kinerja pembangunan keluarga, keluarga berencana dan kependudukan di Kabupaten Bone Bolango akan terus berlanjut dan meningkat,” ungkap Bupati.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Wakil Bupati Gorontalo, Fadli Hasan, ketua PKK Provinsi Gorontalo, Ida Syaidah serta unsur pejabat daerah lainnya. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...