Pusat Ingin Harga Semen di Seluruh Daerah Merata

0
Ilustrasi semen sebagai bahan bangunan utama. (ist)
SERUJAYAPURA.COM, Manokwari – Pemerintah pusat menginginkan harga semen merata di seluruh daerah, termasuk di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat berkunjung di Manokwari, Rabu (22/11), menyoroti harga semen di daerah tersebut.

“Saya dapat masukan atau informasi dari DPRD dan gubernur. Di sini harga semen masih mahal, padahal sudah ada pabrik semen di sini,” kata Mendagri.

Menyikapi masalah tersebut, Tjahjo meminta gubernur segera mengirim surat kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara. Persoalan tersebut harus segera disikapi secara baik.

“Perintah bapak presiden, harga harus sama antara di Jakarta, Jawa dengan seluruh daerah di Indonesia. Di sini pun demikian,” ujarnya lagi.

Menurut dia, akar masalah atas tingginya harga semen di daerah tersebut harus segera ditemukan. Ia meyakini, melalui upaya serius satu harga semen di seluruh wilayah bisa diwujudkan.

Saat ini menteri BUMN sedang keliling ke sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Papua. Hal itu dilakukan untuk memastikan harga semen di setiap wilayah.

Di Manokwari sudah ada pabrik semen yang beroperasi sejak setahun terakhir. Perusahaan bernama PT SDIC Papua Cement Indonesia itu merupakan milik investor asal Tiongkok.

Di wilayah Manokwari harga semen tersebut di tingkat toko bervariasi antara Rp69 ribu hingga Rp70 ribu per kantong kemasan 50 kilogram. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: