Ratusan Kambing Bantuan Pemkab Jembrana Siap Dibagikan

0
Bupati Jembrana I Putu Artha (mengenakan masker), meninjau karantina kambing, yang akan dibagikan kepada kelompok masyarakat. Foto: ant/serujambi
SERUBALI.COM, Negara – Ratusan ekor kambing bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali siap dibagikan untuk 20 kelompok masyarakat peternak di daerah ini.

“Ternak ini merupakan program untuk menjadikan Kabupaten Jembrana sebagai daerah sentra peternakan kambing, karena memang potensial,” kata Bupati Jembrana I Putu Artha, saat melihat kambing yang dikarantina sebelum dibagikan, di Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jumat (6/10).

Ia mengatakan, selain swadaya masyarakat, untuk menambah populasi kambing di wilayahnya, Pemkab Jembrana memberikan bantuan hewan ternak tersebut kepada kelompok masyarakat peternak setempat.

Menurutnya, untuk bantuan kali ini sebanyak 20 kelompok masyarakat masing-masing akan mendapatkan 44 ekor kambing jenis peranakan ettawa (PE).

“Lahan di Jembrana ini luas, serta beternak kambing sudah lama ditekuni masyarakat kami. Dengan adanya bantuan ini, kami berharap populasi kambing di sini cepat meningkat,” katanya.

Data saat ini, katanya pula, jumlah populasi kambing di Kabupaten Jembrana mencapai 7 ribu ekor yang akan terus ditingkatkan dengan program bantuan dan pendampingan.

“Masyarakat rata-rata memelihara kambing masih dengan pola tradisional dan kegiatan sampingan. Dengan pendampingan yang dilakukan pemerintah, peternak kami arahkan untuk lebih profesional,” katanya lagi.

Menurutnya, dalam pendampingan, kelompok masyarakat yang mendapatkan bantuan ternak kambing akan diberikan berbagai ilmu berkaitan dengan hal tersebut.

Karena itu, kepada pegawai dinas terkait, ia memerintahkan untuk rajin menemui peternak agar tahu hambatan yang dialami, serta mencarikan jalan keluarnya.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana Ni Wayan Purniawati mengatakan, selain hewan ternak, kelompok masyarakat yang mendapatkan bantuan juga diberikan bimbingan teknis seperti masalah pakan, tata cara penanganan kambing, dan lain-lain.

Salah satu yang menjadi perhatian pihaknya adalah penyediaan pakan kambing, mengingat sebagian besar peternak masih mengandalkan pakan hijau yang ada di lingkungan masing-masing.

Menurutnya, untuk mendapatkan kambing yang gemuk dan sehat, tidak cukup hanya pakan hijau, tapi juga harus dicampur dengan ampas tahu, dedak, dan konsentrat. “Untuk membeli pakan, peternak masih berpikir soal modal. Padahal kalau pakannya bagus, kambing akan gemuk dan sehat, sehingga harga jualnya tinggi,” katanya pula. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: