Rel Kereta Api Jambi Tunggu Penetapan Trase Jalur

0
Rencana Induk kereta Api Sumatra. (ist)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra mengatakan pembangunan rel kereta a.pi (KA) Trans- Sumatera yang melewati Jambi tinggal menunggu penetapan trase jalur oleh Kementerian Perhubungan.
“Untuk ruas trase dari Palembang Betung-Betung Jambi itu sedang dalam tahap penetapan oleh Kementerian,” katanya usai memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2017 di Jambi, Rabu (20/9).
Varial mengungkapkan, selain sudah menyelesaikan trase jalur, pihaknya juga telah melaksanakan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan studi penyusunan Land Acquistion and Resettlement Action Plan (LARAP).
“Kemungkinan awal 2019 pembangunan untuk Jambi sudah berjalan, namun sebelumnya kita juga diwajibkan menyelesaikan pembebasan lahan,” katanya.
Dia juga menjelaskan, panjang jalur kereta api yang akan dibangun di wilayah Jambi mencapai 124 kilometer, dan satu stasiun akan dibangun di Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi.
Jalur rel kereta api Trans Sumatera yang melewati Jambi itu dimulai dari batas Sumatera Selatan-Jambi hingga batas Jambi-Riau. Infrastruktur penghubung ini merupakan salah satu program Nawacita Presiden Joko Widodo.
Pada jalur rel kereta api yang telah ditentukan melalui studi penyusunan trase itu, di Provinsi Jambi mengikuti jalur Lintas Sumatera bagian timur yang akan melewati Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi dan Tanjungjabung Barat.
Pembangunan rel kereta api Trans Sumatera itu sepenuhnya didanai pusat melalui kucuran dana APBN yang ditargetkan selesai pada 2019. (ara/ant)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: