Saber Pungli Pusat Minta Bantuan Masyarakat

0
Wakil Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat, Irjen Pol M Ghufron. (ist)
SERUPALANGKARAYA.COM, Palangka Raya – Wakil Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat, Irjen Pol M Ghufron meminta bantuan masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah untuk berani melaporkan setiap bentuk pungli.

“Masyarakat yang mengetahui atau mengalami serta memiliki bukti permulaan terjadinya pungli, maka tidak perlu ragu untuk melaporkan karena pasti akan dilindungi identitas pelapor,” ucapnya saat Perpres 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli di Palangka Raya, Rabu (15/11).

Selain berani melaporkan, masyarakat juga diharapkan membangun budaya anti pungli. “Rasa kurang nyaman tidak memberikan uang terimakasih kepada petugas pelayanan dalam bidang apapun itu harus dihilangkan, ini penting,” ucapnya.

Ghufron mengatakan Satgas Saber Pungli tidak akan maksimal menghilangkan pungli di semua sektor, tanpa bantuan dari masyarakat. Di mana pihak terkait melakukan pengawasan dan penindakan, sedangkan masyarakat ikut mengawasi serta menghilangkan budaya memberi imbalan.

Sampai sekarang ini masih sering terjadi saat pengurusan administrasi kependudukan, masyarakat memberikan imbalan pada pada petugas dengan alasan `uang terima kasih. “Hal seperti ini sebenarnya tidak perlu,” ucapnya.

Wakil Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat ini menegaskan bahwa seluruh aparatur sipil negara (ASN) telah diberikan gaji oleh negara, sehingga berbagai tugas pelayanan kepada masyarakat merupakan kewajiban.

Kan petugas sudah punya gaji, buat apalagi kasih dia imbalan. Untuk masyarakat, setelah dilayani langsung balik kanan saja, tidak perlu kasih uang. Jadi semua itu tergantung kita melaksanannya, demikian Ghufron. (ara/ant)


Warning: mysqli_query(): (HY000/1030): Got error 28 from storage engine in /home/admin/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1924
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: