SAH Bantu Usaha Kreatif Jambi Tembus Pasar Luar Negeri

0
Foto bersama setelah acara Workshop Bimbingan Teknis Pengembangan Pasar Luar Negeri di Swiss Belhotel Jambi. (ist)
SERUJAMBI.COM, Jambi – Keterbatasan pangsa pasar masih menjadi salah satu kendala pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.
Di Provinsi Jambi keterbatasan pangsa pasar juga masih menjadi salah satu penyebab usaha kreatif sulit beranjak dari skala industri rumahan atau hoby.
Pernyataan ini disampaikan Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) ketika menghadiri acara Workshop Bimbingan Teknis Pengembangan Pasar Luar Negeri di Swiss Belhotel Jambi (22/11/2017) kemarin.
“Terbatasnya pangsa pasar masih menjadi salah satu kendala pengembangan ekonomi kreatif Provinsi Jambi, rendahnya pangsa pasar membuat industri kreatif kita menjadi stagnan atau susah berkembang dalam hal skala usaha, produksi, mutu, teknologi dan pasar,” Ujar SAH.
Sehingga untuk mengantisipasi hal ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mencoba melakukan workshop pengembangan pasar ke luar negeri bagi produk usaha kreatif di tanah air. Karena menurut ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi ini, pengembangan pasar ke luar negeri menjadi tantangan sekaligus peluang bagi usaha kreatif tanah air untuk lebih berkembang.
Selama ini, SAH mengatakan pelaku usaha kreatif di Jambi masih kesulitan untuk menembus pasar luar negeri karena rendahnya kualitas produk, ketersediaan barang yang tidak mencukupi hingga kurangnya promosi ataupun para pelaku usaha tidak tahu harus memulai dari mana untuk melakukan ekspor.
“Berbagai kendala pelaku usaha untuk menembus pasar luar negeri ini akan coba dijawab oleh kegiatan workshop Bekraf ini nanti secara gamblang dan partisipatif,” ungkap SAH.
Sehingga, acara ini sebenarnya merupakan bimbingan kepada para pelaku usaha kreatif dalam mengelola produk mereka untuk menembus pasar luar negeri.
Acara workshop itu sendiri melibatkan Lembaga Konsultan Pemasaran Internasional Markplus sebagai pemateri dan fasilitator usaha. “Harapan saya setelah mengikuti acara ini nanti para pelaku usaha bisa memiliki semangat dan pengetahuan dasar membawa usaha kreatif mereka menembus pasar luar negeri,” pungkasnya. (*/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...