SAH Bedah Kebutuhan Prioritas Masyarakat

0
SAH
Anggota DPR daerah pemilihan Jambi Sutan Adil Hendra (SAH) ketika mengelar acara temu konstituen
SERUJAMBI.COM, Jambi – Kreatif dan mencerdaskan, dua kata pantas untuk menggambarkan ketepatan pola komunikasi yang dilakukan Anggota DPR daerah pemilihan Jambi Sutan Adil Hendra (SAH) ketika mengelar acara temu konstituen (19/12/2017) di Jambi kemarin.
Dalam pertemuan yang diselenggarakan di salah satu rumah warga Kelurahan Bagan Pete, Kota Baru tersebut, SAH mengajak masyarakat membedah kebutuhan prioritas dalam pembangunan.
“Kebutuhan itu tidak sama dengan keinginan, apalagi dalam program pembangunan, tidak semua keinginan atau aspirasi bisa dikategorikan sebagai kebutuhan umum masyarakat, dari kebutuhan itu dipilah lagi yang menjadi prioritas menyangkut hidup dan kepentingan orang banyak, barulah bisa melahirkan program pembangunan,” ujar SAH.
Dalam kesempatan itu SAH terlihat memimpin langsung jalannya diskusi membedah dan menganalisa aspirasi pembangunan. Menurut Ketua DPD Gerindra Provinsi itu, jika masyarakat mengetahui apa kebutuhan mereka di lingkungan dan kehidupan keseharian mereka, aspirasi yang berkembang akan menjadi program unggulan untuk diperjuangkan.
Seperti ada yang mengeluhkan banyak keluarganya yang kesulitan biaya sekolah sampai harus berhenti sekolah, cara menolongnya tidak akan efektif jika hanya meminta bantuan atau uluran tangan dari dermawan, tetapi harus ada program yang langsung membantu mereka.
“Dalam kasus putus sekolah, saya telah memperjuangkan anak – anak Jambi untuk mendapat beasiswa PIP secara massal hingga puluhan ribu, tujuannya agar jangan ada anak – anak Jambi yang putus sekolah,” ungkap SAH.
Selanjutnya, ada masyarakat yang mengeluhkan usaha kreatif, mereka sukar berkembang karena pasar yang terbatas, teknologi yang kurang bagus hingga paten usaha yang belum ada.
“Demi menjawab keluhan para pelaku ekonomi kreatif ini saya sudah puluhan kali membawa Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dari Jakarta untuk menggelar pelatihan bagi usaha kreatif di Jambi baik dari sisi packing, paten usaha, hingga pemasaran produk mereka,” jelas Pimpinan Komisi X DPR RI ini.
Dialog untuk membedah aspirasi ini dinilai Pengamat Komunikasi Jambi, Ihsan Maulana Putra sebagai suatu terobosan dalam mengedukasi masyarakat bagaimana memanfaatkan jalur usulan pembangunan melalui seorang anggota DPR RI.
“Acara ini sangat mengedukasi masyarakat bagaimana memilah aspirasi yang bisa mereka usulkan melalui jalur anggota DPR RI, sehingga ada saling pemahaman antara seorang wakil rakyat dengan konstituen yang diwakilinya,” ujar Ihsan.
Untuk hal ini apa yang dilakukan SAH sangat baik untuk mendudukan aspirasi masyarakat dalam jalur yang tepat dan porsi yang tepat. “Masyarakat mengerti nilai guna usulan dan legislator tahu kebutuhan masyarakat,” tandasnya.(*/hry)
Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: