Satgas Pangan Jambi Klaim Stok Sembako Aman

0
Ilustasi Harga Sembako. Foto: Istimewa

SERUJAMBI.COM, Jambi РSatuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jambi, Jumat (25/8), melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional dan gudang sembako di Kota Jambi untuk mengecek harga dan stok kebutuhan pokok masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi Ariansyah mengatakan hasil pemantauan di lapangan diketahui stok beras dan beberapa bahan pokok di sejumlah gudang dalam kondisi aman dan harganya stabil.

“Semua harga bahan pokok seperti cabai, bawang, gula, minyak sayur dan lainnya masih stabil,” kata Ariansyah.

Ia mengatakan pemerintah pusat telah mengatur harga eceran tertinggi (HET) untuk beberapa komoditas, seperti gula Rp12.500 per kilogram, minyak sayur Rp11 ribu per kilogram dan daging beku Rp80 ribu per kilogram.

“Untuk disejumlah pasar ini harga kebutuhan barang pokok seperti cabai rawit Rp16 ribu, cabai merah Rp18-20 ribu, minyak sayur Rp11.500, gula Rp12.500 dan bawang merah Rp14 ribu. Harga pun masih aman dan stabil sesuai dengan yang ditetapkan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kasubnit Satgas Pangan Jambi, AKBP Guntur Saputro, mengatakan timnya akan terus turun hingga H-3 Idul Adha nanti untuk mengecek pendistribusian dari distibutor ke pedagang agar tetap berjalan lancar dan aman. “Kami juga mengimbau para pedagang dan distributor untuk tidak melakukan penimbunan dan menaikan harga. Kami akan lakukan sidak setiap hari dan ini juga sebagai antisipasi untuk memastikan tidak ada penimbunan,” tegasnya.

Guntur megatakan menjelang Idul Fitri lalu dan menjelang Idul Adha pekan tahun ini, pemerintah menyediakan stok daging dan sembako dari Dinas Peternakan maupun Pertanian, jika stok dan harga daging tidak stabil maka pihaknya akan melakukan operasi pasar. “Bersama Satgas Pangan kita akan terus memantau harga dan stok pangan jelang Idul Adha agar tetap aman dan tidak mengalami lonjakan harga,” katanya menambahkan. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...