Satpol PP Ingatkan PKL

0
Ilustrasi PKL
SERUMEDAN.COM, Pematangsiantar – Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, mengingatkan pedagang kaki lima untuk tidak lagi berjualan di trotoar dan jalan umum.

Kepala Satpol PP Pematangsiantar Robert Samosir di Siantar, Sabtu (28/10), mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penertiban lapak-lapak pedagang yang berjualan di kawasan terlarang sesuai dengan Peraturan Daerah.

Penertiban itu, kata pimpinan organisasi perangkat daerah bidang penegakan Perda tersebut, untuk mewujudkan visi misi Pemerintah Kota agar semakin mantap maju dan jaya.

Satpol PP dalam melakukan penertiban terlebih dulu memberikan imbauan sampai pada surat peringatan kepada para pedagang yang masih melakukan aktivitas di trotoar dan daerah milik jalan umum.

“Apabila mereka masih melanggarnya, maka personel Satpol PP akan melakukan penertiban,” tegas Robert.

Masyarakat dan pengguna jalan mendukung upaya Pemerintah Kota menata wilayah perkotaan dari para PKL yang berjualan di trotoar dan sebagian badan jalan, sehingga menyulitkan aktivitas.

“Kalau tidak hati-hati dalam berkendara, bisa terjadi kecelakaan lalu lintas, sudah merupakan keharusan mengembalikan fungsi trotoar dan jalan umum,” kata Zainal (42), warga Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat.

Zainal juga berharap Pemerintah Kota tidak “mematikan” warga yang membuka usaha kecil menengah, dengan menyediakan lokasi khusus kuliner atau menentukan waktu berjualan.

Misalnya, ujar Zainal, pada malam hari, selain membantu masyarakat memperoleh makanan minuman dengan mudah dan terjangkau, juga memberikan rasa aman dari tindak pidana.

Menurut Zainal, selain personel kepolisian yang melakukan patroli dengan jumlah yang terbatas, keramaian pedagang membuat aksi kriminalitas terbatas. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: