SDM 6 Kenalkan Alat Damkar Kepada Siswa

0
Ilustrasi pengenalan alat pemadam kebakaran kepada siswa sekolah dasar. Foto: Istimewa
SERUBAYA.COM, Surabaya – SD Muhammadiyah 6 Surabaya mengenalkan alat pemadam kebakaran (Damkar) kepada 250 siswannya dengan mengunjungi kantor Pertamina di daerah Jagir Wonokromo Surabaya, Minggu, agar para siswa memiliki pengetahuan terkait pencegahan kebakaran.

Humas SD Muhammadiyah 6 Muhammad Nurun Naharo mengatakan dalam kunjungan itu anak-anak SD Muhammadiyah 6 memakai seragam pemadam cilik dan berperan sebagai petugas pemadam kebakaran, hal ini mereka lakukan untuk mengenal peralatan yang digunakan untuk memadamkan api.

“Pengenalan alat pemadam kebakaran pada siswa, bisa dengan alat seadanya. Ketemu apa saja dibasahi, kemudian ditutupkann ke api. Kalau ada pemadam kebakaran asli, siswa bisa melihat secara nyata nyala api yang berbahaya,” ujarnya di sela simulasi itu.

Pembelajaran di luar kelas ini kata Nurun, dilakukan secara berkala terkait kejadian sehari-hari yang mungkin diketahui siswa. Dikatakannya, dalam kegiatan luar kelas orang tua bisa turut serta dalam praktik pemadaman api.

Siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 6 Zufar Syauqi (8) yang menjadi salah satu pemadam cilik melakukan simulasi pemadaman mengatakan, dirinya saat melihat beberapa gurunya memadamkan api yang cukup besar di dalam tong membuatnya cukup khawatir. Pasalnya ia tidak pernah melihat api sebesar dan sepanas itu.

“Takut sih, soalnya belum pernah dekat api panas begitu. Untungnya pas tadi saya coba apinya sudah mati,” tuturnya, Ia mengungkapkan memadamkan api cukup sulit. Karena kalau tidak membawa selang nesar harus memakai karung yang basah dan berat. Sehingga ia berharap bisa mencegah kebakaran dengan hati-hati terhadap listrik dan bahan yang mudah terbakar. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...