Selain Gatot Nurmantyo, Sudah Ada 8 Jenderal yang Ditolak Masuk AS, Prabowo dan Wiranto Masuk Daftar

0
Wiranto dan Prabowo Subianto. (ist)
SERUNESIA.COM, Jakarta – Jika Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo benar-benar ditolak atau blacklist masuk ke Amerika Serikat (AS), maka total ada 8 Jenderal yang ditolak berkunjung ke Negeri Paman Sam.
Menariknya penolakan kedatangan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo datang dari maskapai yang akan ditumpanginya berangkat ke AS yakni Emirates.
Maskapai ini sedianya akan membawa Gatot dan istri ke Amerika Serikat menghadiri sebuah acara konferensi memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford, Jr. di Kota Washington, atas permintaan otoritas keamanan dalam negeri Amerika Serikat.
Belum diketahui alasan kenapa Gatot Nurmantyo tidak diperbolehkan masuk wilayah yuridiksi AS.
Sebelumnya Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo pernah mengungkapkan ada tujuh jenderal ditolak berkunjung ke Amerika Serikat, termasuk Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo.
Namun mantan Panglima TNI 2007-2010 Jenderal (Purn) Djoko Santoso kepada pers di Jakarta, Kamis (13/2/2014) mengemukakan, informasi yang disampaikan Hashim Djojohadikusumo sangat penting dan menarik.
Namun penolakan itu tidak perlu dikhawatirkan, karena Amerika Serikat (AS) bukan musuh Indonesia serta tidak menentukan kiprah politik Indonesia ke depan.
Menurutnya, siapapun tokoh Indonesia, termasuk tujuh jenderal yang disebutkan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu tidak perlu khawatir pergi ke luar negeri.
Termasuk ke AS, karena Indonesia adalah negara besar dan hubungan antar-negara tidak ditentukan satu aspek saja, misalnya masalah hak-hak asasi manusia (HAM).
“Hanya saja pertanyaan buat Pak Hashim, bagaimana kalau ada ‘event’ penting di Amerika atau di Perserikatan Bangsa-Bangsa yang harus dihadiri mereka selaku pejabat tinggi negara misalnya?” kata mantan Panglima TNI tersebut, merujuk kepada tujuh jenderal yang ditolak AS itu.
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan adanya tujuh jenderal yang ditolak masuk ke Amerika Serikat, di antaranya Prabowo Subianto, Sjafrie Syamsudin, Wiranto, Pramono Edhie, dan Zacky Anwar Makarim karena persoalan HAM.
“Prabowo hanya satu dari tujuh jenderal yang ditolak Amerika. Ada tujuh jenderal yang diblacklist, tidak hanya Prabowo. Catat itu! Tapi khusus Prabowo tidak ditolak secara personal,” paparnya.
Adik kandung Letjen (Purn) Prabowo Subianto itu mengaku sudah sering ke Amerika Serikat dan beberapa kali melakukan pertemuan dengan senator, anggota kongres, dan pejabat Kementerian Luar Negeri AS.
Sebelumnya pernah diberitakan bahwa Kedutaan Besar AS di Jakarta, meski tidak tertulis, tidak akan memberikan visa masuk ke Amerika Serikat terhadap nama-nama jenderal yang kabarnya diblacklist negara tersebut.
Namun pada kasus Jenderal TNI Gatot Nurmantyo visa keberangkatan sudah diberikan, namun menjelang keberangkatan dia diberitahu ditolak masuk ke AS.
Gatot Nurmantyo dan istri sebelumnya sudah mengurus visa untuk keberangkatan tersebut. Gatot Nurmantyo mengetahui ditolak masuk Amerika Serikat beberapa saat sebelum terbang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten.
Panglima TNI sudah melaporkan insiden penolakan ini ke Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno LP Masudi dan Menko Polhukam Wiranto. (abadikini/ara)
Loading Facebook Comments ...
loading...