Setelah Cek Endra, HBA Gentleman Hadapi Sidang Tipikor

0
Hasan Basri Agus. Foto; Istimewa

SERUJAMBI.COM, JAMBI – Hasan Basri Agus (HBA), Mantan Gubernur Jambi, secara gentleman penuhi panggilan pengadilan tipikor sebagai saksi perkara dugaan korupsi pengalihan aset pembangunan perumahan PNS Sarolangun. Kehadiran HBA sebagai saksi ini terkait masa jabatannya sebagai Bupati Sarolangun periode 2006-2010.

Setelah disumpah, HBA ditanyai terkait pengawasan peralihan aset dan pengembangan perumahan PNS tersebut. Peran pengawasan dan kontrol bupati saat itu dinilai majelis sangat penting. Seharusnya, HBA selaku kepala daerah melakukan kontrol terhadap pembangunan perumahan PNS itu.

“Tidak tahu pak. Saya tahunya baru-baru ini ada temuan BPK, masalah agunan. Itu terjadi masa bupati sebelumnya (HM Madel, red) saya tidak pernah diberitahukan. Saat saya menjadi bupati (masalah) ini tidak muncul,” kata HBA dalam sidang yang digelar sekitar 12.55 wib, kemarin (10/7).

Menurut majelis hakim, aset pemerintah yang digadaikan ke bank seharusnya menjadi pengawasan bupati. Aset tersebut diagunkan setelah satu tahun kepemimpinan HBA, yakni tahun 2005. “Masa tidak tahu semua pak? Itu kan aset pemerintah seharusnya dalam pengawasan pemerintah,” kata Barita Saragih, kemarin (10/7).

Setelah pemecahan sertifikat, tanah pemerintah itu diagunkan. Seharusnya hal itu tidak boleh terjadi. Inilah tugas bupati, jika ada ada kebijakan yang tidak tepat pada kepemimpinan sebelumnya, maka bupati berikutnya yang meluruskan. “Tidak bisa bapak (HBA, red) mengatakan tidak tahu. Tanggungjawab bapak sebagai kepala daerah mengawasi dan mengontrol dan meluruskan kebijakan sebelumnya,” tegas Barita.(isa)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: