STIKES Prima Kembang Perpustakaan Digital

0
Konsep ini menjadi daya tarik tersendiri bagi juri lomba pemilihan pustakawan beprestasi Provinsi Jambi
SERUJAMBI.COM, Jambi –  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima (STIKES Prima) Jambi, punya cara khusus mengelola perpustakaan kampus. Menyadur konsep modern, sekolah tinggi ini mengembangkan perpustakaan digital. Konsep ini menjadi daya tarik tersendiri bagi juri lomba pemilihan pustakawan beprestasi Provinsi Jambi, 20-21 Juli 2017 lalu.
Kepada Seru Jambi, Selasa (26/9/2017), Mursiyanto, pengurus perpustakaan kampus STIKES Prima, menerangkan, ide awal perpustakaan digital muncul ketka ia melihat salah satu kampus di Kabupaten Merangin. Di sana, skripsi-skripsi yang sudah lama, dijual seperti barang tak berharga.
Padahal, skripsi adalah karya ilmiah yang berisi hasil penelitian yang penting bagi akademisi. Mestinya, lewat kepustakaan yang baik, karya mahasiswa maupun para pendidik, bisa lebih dihargai lagi. “Karena itu semua bisa bermanfaat bagi generasi selanjutnya,” ungkap Mursiyanto.
Berangkat dari keprihatinan itu, ia menggagas perpustakaan yang lebih ringkas dan modern. Selain itu, dengan konsep modern, perpustakaan diharap bisa membuat dokumen lebih tahan lama dibanding dokumen berbentuk kertas.
Tim Mursiyanto kemudian memproses karya-karya ilmiah di kampus itu ke dalam bentuk digital. Orang awam mengenalnya dengan sebutan PDF, file digital seperti foto namun berbasis teks. Teknisnya, skripsi difoto atau di-scan, lalu disimpan berbasis sistem komputer.
Suatu waktu diperlukan, tinggal membuka file PDF arsip yang diinginkan. Cara ini membuah kepustakaan menjadi ringkas dan mudah diakses.
“Arsip digital kepustakaan ini membuat kita menang (juara harapan 1) dalam perlombaan tersebut,” tuturnya.(yj02)
Loading Facebook Comments ...
loading...