Syukur Paling Layak Jadi Bupati Merangin, Hasil Survei Indobarometer

0
M Syukur. Foto: Istimewa

JAMBI – Lembaga Survei Indo Barometer, baru-baru ini melaksanakan survei sosial dan kemasyarakat di Kabupaten Merangin. Ini terkait Pilkada yang bakal diadakan di kabupaten tersebut, pada Juni 2018 mendatang.

Beberapa nama muncul pada Pilkada Merangin dan digadang-gadangkan bakal bertarung. Mereka antara lain, Al Haris, M Syukur, A Khafid Moein, dan Ahmad Fauzi Ansori.

Hadi Suprapto Rusli, peneliti Indo Barometer, saat dikonfirmasi mengatakan, M Syukur memiliki potensi untuk memenangi pilkada ini. Kata dia, ini melihat dari survei yang mereka lakukan.

Sebanyak 38 persen pemilih, kata dia memang masih menginginkan Al Haris kembali menjadi Bupati Merangin pada periode 2018 – 2023. Sementara yang tidak menginginkan sebesar 36.8 persen.

Angka ini menurutnya berat bagi Haris. “Seharusnya, sebagai incumbent, angka itu tidak boleh di bawah 50 persen. Ini berat,” kata dia. Dalam hal ini, sambungnya, posisi Syukur sebagai penantang lebih unggul.

Tak hanya itu, sebanyak 43 persen pemilih menilai kondisi ekonomi Kabupaten Merangin tidak ada perubahan dibanding tahun lalu. Hanya sekitar 33 persen yang menilai lebih baik, atau jauh lebih baik.

Selain itu kata dia, pihaknya juga telah melakukan berbagai survei lain yang menunjukkan, bahwa Syukur memiliki peluang untuk menang. Ditambah tingkat elektabilitas antara Haris dan Syukur, hanya terpaut tiga persen saja. “Kesimpulannya, M Syukur berpotensi memenangi Pilkada Merangin,” kata dia. Survei ini dilakukan dengan mewawancarai ratusan penduduk Kabupaten Merangin.

Sementara itu, M Syukur yang saat ini merupakan anggota DPD RI, saat dikonfirmasi mengaku puas dengan hasil survei tersebut. Meski puas dengan survei tersebut, dia tak mau hal itu melemahkannya. “Tapi kita tetap tidak boleh lengah,” kata dia. Pihaknya akan berusaha sebaik mungkin memenangi Pilkada Merangin ini.

Menurut dia, meski selalu bolak-balik Jakarta-Jambi, ternyata banyak warga Kabupaten Merangin yang menaruh kepercayaan pada dia. Ini artinya, apa yang telah dia berbuat selama ini diterima oleh masyarakat.

Dari hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indo Barometer itu, Syukur pun yakin, bahwa dia bisa memenangi Pilkada Merangin ini. “Tapi seperti yang saya katakan tadi, kita tetap tak boleh lengah,” kata dia. (isa)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: