Tak Sesuai Kriteria, Proyek Sapi Ditolak

0
Ilustrasi sapi ternak
SERUJAMBI.COM, Muarabulian – Bantuan sapi dari Pemerintah sebanyak 114 ekor untuk kelompok tani di Kabupaten Batanghari sampai saat ini belum juga rampung.Saat ini di Balai Pembibitan Ternak (BPT) Sungai Buluh saat ink sudah ada 80 ekor sapi dan 10 diantaranya ditolak karna tidak sesuai kriteria.
Dari jumlah keseluruhan 114 sapi tersebut,BPT Sungai Buluh sudah menerima sebanyak 80 ekor sapi melalui dua tahap pengiriman.Di tahap pertama BPT menerima pengiriman sebanyak 41 ekor dan 2 ekor sapi ditolak karena tidak sesuai kriteria.
Dilanjutkan pada tahap kedua BPT kembali menerima pengiriman sebanyak 39 ekor sapi,dimana dari jumlah pengiriman tahap dua tersebut BPT kembali menolak dan bahkan jumlahnya lebih banyak dari tahap pertama.Sebanyak 19 ekor yang ditolak karna tidak sesuai kriteria.
“Saat ini pengiriman baru dua tahap yang masuk,ditahal pertama 41 ekor dan tahap dua 39 ekor sapi namun dari jumlah tersebut 10 ekor sapi tidak diterima karena bobot usia dan sakit,”ujar salah seorang petugas balai.
Ditambahkannya lagi,untuk pengiriman tahap selanjutnya dirinya tidak tahu pasti kapan akan tiba.menurutnya pengiriman sapi-sapi tersebut tidak bisa dipatok waktu terkadang datangnya tengah malam.
“Pengiriman selanjutnya kita tidak tahu kapan pastinya.Dan untuk 10 ekor sapi yang ditolak saat ini masih berada di balai dan tahu mau dibawa kemana,”ungkapnya.
Terpisah sekretaris Dinas Perkebunan Dan Peternakan Kabupaten Batanghari Nurdin Sitanggang saag dikonfirmasi melalui telpon pribadinya mengatakan,permasalahan 10 ekor sapi yang ditolak tersebut akan kita kembalikan kepada pihak rekanan dan ditukar sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
“Semua sapi yang ditolak tadi akan kita kembalikan kerekanan dan mereka harus ambil dan gantj sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan,”tegas Nurdin.
Terkait masih adanya beberapa ekor sapi lagi yang belum diterima BPT,meski masa kontrak telah habis pada 30 November kemarin.pihaknya sejauh ini belum melakukan pengecekan langsung ke balai dan belum juga menerima laporan terbaru.
“Akan tetapi terakhir kemarin pihak rekanan mengaku telah mengirim sapi-sapi tersebut.Kemungkinan saat ini masih dalam perjalanan,mungkin hanya keterlambatan saja karena masih dalam perjalanan,”pungkasnya.(riz)
Loading Facebook Comments ...
loading...