Tambah Produksi Ikan, 11 Kolam Disiapkan

0
Ilustrasi, Menjaring ikan di kawasan minapolitan. Foto: ant/serujambi
SERUJAMBI.COM, Muarabungo  –  Bulan depan, 11 kolam yang baru dibikin siap tambah produksi ikan Kabupaten Bungo. Hal ini dikatakan oleh Quswen Iqmal Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bungo.
“Sebelas kolam ini ada di 11 kecamatan,” ungkapnya.
Katanya, dari sebelas kolom ini nanti direncanakan untuk dijadikan tempat peternakan ikan nila, ikan patin hingga ikan gurame.
“Hingga kini kita masih mendatangkan Patin, Gurame dan ikan nila dari luar karena hingga kini kita belum dapat memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat,” katanya.
Dia mengatakan, konsumsi tiga jenis ikan ini  sekitar 50 persennya masih didatangkan dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat.
“Biasanya konsumsi tiga jenis ikan ini rata-rata sebanyak 2,5 sampai 4 ton perbulannya, namun yang bisa dipenuhi petani ikan lokal hanya 1,5 sampai 2 ton,” ungkapnya.
Lanjutnya, rencana kolam-kolam ini satu petak-nya akan diisi bibit sekitar 2500 hingga 3000 ekor ikan. “Tergantung kondisinyo nanti. Kalau pas pengisiannya musim hujan bisa smapai 3000. Kalau musim kemarau bisa lebih sedikit,” katanya.
“Mudahan oktober sudah selesai semua, langsung kita isi dan juga kita sediakan pakannya. Jadi dengan begitu kita berharap nanti dari sebelas kolom ini akan membantu penambahan produksi  tiga jenis ikan untuk konsumsi masyarakat Bungo,” ungkap Quswen.(frs)
Loading Facebook Comments ...
loading...