Tanaman Padi Diserang Penyakit di Aceh Utara

0
Ilustrasi hama yang menghinggapi padi. Foto: Istimewa
SERUACEH.COM, Lhoksukon – Belasan hektare tanaman padi di Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, diserang penyakit yang menyebabkan membusuk dan mati.

Para petani di Desa Alue Buya saat dihubungi di Kecamatan Baktiya, Selasa (26/12), meyakini penyakit yang menyerang tanaman padi mereka secara sporadis ini adalah jenis baru.

Mereka mengaku tidak pernah melihat penyakit ini sebelumnya. “Kami tidak tahu jenis penyakit apa yang menyerang tanaman padi ini, sehingga membusuk begini,” kata Muksalmina, petani Desa Alue Buya ditemui di sawahnya.

Dikatakan, penyakit tersebut mulai menyerang tanaman padi miliknya sejak hampir sepekan lalu. Awalnya, kata Muksalmina, daunnya memerah kemudian layu dan membusuk atau mati.

Muksalmina menyebut, tanaman padi miliknya sudah diberi pestisida untuk membunuh vektor dalam dua hari terakhir, tetapi belum ada perubahan. Ia khawatir penyakit ini akan menjalar ke sawah lain.

“Saya sudah menyemprot, tetapi belum ada hasil sehingga kami khawatir tanaman padi mati. Milik saya sudah dua petak diserang penyakit aneh ini, kalau tetangga ada juga yang kena,” katanya.

Seorang petani lainnya di Desa Alue Buya, M Yakob membenarkan bahwa penyakit itu menyerang tanaman padi beberapa petani desa setempat.

Kata dia, seorang petani akan mencabut sisa akar tanaman padi yang diserang penyakit ini untuk ditanam baru.

“Kami tidak tahu penyakit ini jenisnya apa, kalau wereng dan blas kita tahu. Kita berharap dinas terkait turun ke sawah untuk mememastikan jenis penyakit apa yang menyerangnya,” harapnya.

Ia khawatir, bila penyakit ini tidak bisa dicegah akan menyebabkan hasil panen tidak maksimal nantinya, sehingga menimbulkan kerugian besar bagi petani.

Disebutkan, rata-rata tanaman padi di Desa Alue Buya baru siap ditanam sekitar dua pekan terakhir.

Mantri tani Kecamatan Baktiya, Munir SP menyebutkan akan segera menurunkan tim pengamat hama untuk memastikan jenis penyakit yang menyerang tanaman padi petani di Desa Alue Buya.

Dengan begitu, kata Munir, para petani akan lebih mudah diarahkan untuk diberi racun jenis apa pada tanaman padi saat disemprot. Dalam hal ini, Munir menganjurkan petani memberi fungisida bukan insektisida. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...