Tangan Besi AKBP Marinus Sitepu Berantas Sindikat Kejahatan Perairan

0
Kapolres Tanjung Jabung Timur AKBP Marinus Marantika Sitepu.
SERUJAMBI.COM, JAMBI – Di zaman sekarang, tak banyak aparat hukum seperti AKBP Marinus Marantika Sitepu. Kapolres Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) ini, baru tiga bulan menjabat. Aksi tegasnya langsung terasa. Ia fokus memberantas mafia penyelundupan di daerah perairan Jambi wilayah timur. Tapi malang, kini ia malah dijadikan “musuh bersama” yang diduga adalah bagain sindikat-sindikat jahat.

Informasi yang dirangkum Seru Jambi, sejak awal menjabat, AKBP Marinus Sitepu, sudah mulai menunjukkan ketegasannya. Gebrakan awalnya dimulai dari elektronik dan spare part ilegal. Begitu dilantik jadi Kapolres Tanjabtim, Bang Sitepu -sapaan akrab AKBP Marinus Sitepu-, ia langsung menggelar razia besar-besaran. Tak sampai berapa lama, peredaran miras ilegal di Tanjabtim bahkan di Jambi, berkurang drastis.

Tak sampai di situ, ia juga melanjutkan aksi tegasnya dengan menjaga rapat-rapat pintu masuk perairan di Jambi itu. Hasilnya, salah satu penggerebekan terbesar berhasil dilaksanakan. Tiga pekan lalu, Senin (4/9/2017) jajaran Polres Tanjabtim mengamankan mobil berisi barang-barang diduga selundupan: obat-obatan, pakaian juga alat-alat elektronik.

“Barang ini diduga masuk lewat perairan Nipah Panjang (satu kecamatan di Tanjabtim) dari Batam,” terang Bang Sitepu, kala itu.

Selain itu, jajarannya hingga saat ini terus menjaga ketat perairan di Sabak. Apalagi, tindakannya itu sesuai instruksi Kapolda Jambi, Brigjen Pol Priyo, yang memerintahkan agar seluruh jajaran Polda menjaga ketat gerbang masuk Jambi. Alasan Kapolda, Jambi sering dijadikan jalur masuk barang-barang ilegal, termasuk narkoba.

Maka itu, Kapolres Tanjabim juga menerapkan tangan besi bagi peredaran narkoba. “Kita berusaha keras menutup pintu masuk narkoba di Provinsi Jambi. Perairan Sabak kita jaga ketat,” tegas Bang Sitepu kepada Seru Jambi, Jumat (22/9/2017).

Ditanya soal isu-isu yang menyebut dirinya kini malah “diserang” balik oleh oknum perpanjangan tangan sindikat yang merasa dirugikan aksinya, Bang Sitepu enggan menjawab. “Info dari mana? Gak ada itu,” tuturnya.

Meski begitu, ia menegaskan akan tetap menerapkan tangan besi kepada sindikat kejahatan di Tanjabtim. Bahkan perjudian pun disikat olehnya.

“Kalau tindakan saya yang benar ini mendapat perlawanan, sampai mati pun akan saya lawan balik, yang penting atasan saya mendukung penuh,” ulasnya.

Untuk diketahui, aksi tegas AKBP Marinus Sitepu ini juga pernah dilakukan oleh Kapolda Jambi yang dulu dijabat Anang Iskandar. Ketika Pak Anang menjabat, ia menerapkan tangan besi kepada sindikat-sindikat kejahatan. Mulai dari penyelundupan, miras ilegal, narkoba, perjudian hingga minyak ilegal.

Bagaimanapun, Jambi khususnya dan Indonesia umumnya, butuh anggota-anggota seperti AKBP Marinus Sitepu dan Komjen Pol (purn) Anang Iskandar.(nas)

Loading Facebook Comments ...
loading...