Tari “Pancar Payung Batuah” Juara se-Kalsel

0
Ilustrasi Tari. Foto: Istimewa

SERUBANJARMASIN.COM, Banjarmasin – Tari “Panca Payung Batuah” dari Sanggar Pusaka Sai Jaan dari Kabupaten Kotabaru menjadi juara Festival Tari Kreasi Daerah 2017 Provinsi Kalimantan Selatan yang digelar di Taman Budaya Kalsel, Sabtu (13/8) malam.

Karya penata tari Nur Hidayat ini berhak mewakili Kalsel pada gelar Parade Tari Nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 18-20 Agustus 2017.

Tari yang menggambarkan tentang kesenian daerah bernuansa Islami, yakni, “Bahadrah” tersebut berhasil mengalahkan sembilan karya penata tari kreasi lainnya dari enam kabupaten/kota se-Kalsel.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Kalsel M Yusuf Effendi mengatakan, dipilihnya tari “Pancar Payung Batuah” menjadi yang terbaik sesuai kreteria yang dinilai tim juri patut ditampilkan pada ajang Parede Tari Nasional.

“Kita harap semuanya menghormati keputusan tim juri ini, meskipun semua grup tari sudah menampilkan yang terbaik, dan saya kagum dengan karya-karya penata tari daerah kita ini,” akunya.

Yusuf menyatakan, ajang seleksi tari kreasi yang akan mewakili Kalsel ditingkat nasional ini merupakan rangkayan kegiatan “Karasminan Banua 2017” sejak 8-14 Agustus nanti.

Sebagaimana diketahui, ungkap dia, belasan kesenian tradisi daerah dipentaskan setiap malamnya diacara ini, harapannya seni budaya yang menjadi jati daerah ini bisa lestari selamanya.

Beragam kesenian, kata Yusuf, ditampilkan, yakni dari kesenian teater, tari, sastra, musik hingga kerajianan daerah.

Kemeriahan ini, tambahnya, tidak lain untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-72 dan Hari Jadi (Harjad) Provinsi Kalsel yang ke-67 pada 14 September nanti.

“Kita harap dengan adanya kegiatan ini masyarakat terhibur dan meningkatkan apresiasi terhadap kesenian daerah, hingga pembinaan generasinya bisa berlanjut baik,” ujarnya. (ant/ara)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: