Tiang PLN Nyaris Roboh, Warga Sangga Tiang Pakai Kayu

0
Warga menunjukan tiang listrik yang nyaris roboh
Warga menunjukan tiang listrik yang nyaris roboh. Foto: Martin/Seru Jambi
SERUJAMBI.COM, Muarasabak – Warga jalan Swadaya RT 09, RW 01, Kelurahan Mendahara Ilir, Kecamatan Mendahara, mencemaskan keberadaan sejumlah tiang listrik dari kayu yang ditancapkan dekat rumah mereka.
Pasalnya, tiang-tiang ini hanya bertumpu pada kayu nibung dan nyaris roboh. Warga khawatir, jika sewaktu-waktu tiang yang menyangga kabel bermuatan listrik tersebut roboh. Selain bisa menimpa atap rumah, aliran listrik itu juga bisa membahayakan keselamatan warga sekitar.
“Kami khawatir kalau tiba-tiba tiang listrik kayu ini tumbang dan menimpa warga yang sedang melintas,” ujar Shamein Syah, warga setempat, Kamis (26/10/2017).
Ke khawatiran Shamein semakin bertambah karena satu tiang listrik berdiri tak jauh dari rumahnya. Bahkan menurutnya, kondisi tiang sudah tak mampu lagi menahan beban kabel listrik yang terhubung ke rumah warga. “Usianya sudah lebih 3 tahun, sebelum Pilpres 2014 kemarin,” sebutnya.
Tiang-tiang listrik itu, kata Shamein, sudah ada yang miring dan rapuh sehingga rentan tumbang. Itu sangat membahayakan warga yang lalu-lalang di sekitar tiang. “Apalagi di sekitar tiang tersebut banyak anak anak bermain dan warga yang melintas,” kata Shamein.
Dikatakannya, memang sudah ada yang mengusulkan kepada pihak PLN agar tiang itu diganti. Namun, jangankan itu, tiang tersebut juga tidak dipasang dengan pengaman kabel listrik. “Mudah-mudahan segera ada tanggapan dari pihak PLN,” harapnya
Terpisah, Kepala Menejer PLN Rayon Muarasabak, Sumardi Panjul, dikonformasi melalui via telephone celularnya, Kamis (26/10/2017), mengatakan, laporan mengenai tiang PLN tersebut telah diterimannya dan pihak PLN Muarasabak telah mengajukan untuk mengganti tiang tersebut. Namun, penggantiannya baru akan terealisasi di tahun 2018 mendatang.
“Kami sudah menerima laporan terkait tiang PLN di Kelurahan Mendahara Ilir itu, saat ini kami masih menunggu tiangnya datang. Kemungkinan 2018 baru dapat diganti, dan tiang yang kami ajukan bukan tiang besi, tetapi tiang yang tidak mudah keropos ataupun karat. Karena kondisi disana adalah pasang surut, kalau tetap diganti dengan tiang besi, tidak akan bertahan lama, sebab tiang akan keropos terkena air pasang,” tukasnya.(tin/clp)
Loading Facebook Comments ...
loading...