UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Terima 2800 Mahasiswa Baru

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa

SERUJAMBI.COM, Jambi – Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Syaifuddin Jambi (dulu IAIN) menyiapkan kuota 2.800 mahasiswa baru pada tahun akademik 2017-2018.

“Penerimaan mahasiswa baru tahun 2017-2018 ini sebanyak 2.800 mahasiswa baru. Penjaringan dilakukan dalam tiga jenis seleksi yakni seleksi prestasi, reguler dan seleksi mandiri,” kata Kepala Bidang Akademik UIN Jambi Darul Hipni, Rabu (12/7).

Ia menyebutkan, Universitas Islam Negeri (UIN) Jambi merupakan nama baru dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi yang mulai berganti nama menjadi universitas pada pertengahan Mei 2017.

“Pergantian nama tidak berpengaruh kepada prosesi penerimaan mahasiswa baru, meski kami juga masih melakukan penyesuaian dan tansisi sari institut ke universitas. Namun semuanya bergulir sesuai dengan rencana,” katanya.

Lebih lanjut ia menyatakan, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri telah dilaksanakan, dan calon mahasiswa yang diterima telah melakukan registrasi pada 28 Juni 2017. Sedangkan seleksi masuk tahap ketiga atau seleksi mandiri UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi akan digelar pada 1 Agustus mendatang.

“Seleksi mandiri masuk UIN Jambi akan digelar pada 1 Agustus 2017 mendatang. Ini seleksi terakhir,” katanya.

Pada seleksi mahasiswa jalur mandiri tersebut, kata dia ditargetkan bisa diikuti sebanyak 2.600-an peserta ujian. Seleksi itu berlaku untuk masuk ke Fakultas Tarbiyah, syariah, ushuludin dan fakultas Adab.

“Saat ini juga tengah dalam proses pendirian fakultas dakwah yang saat ini masih jadi prodi di fakultas ushuluddin. Namun 2018 mendatang dipastikan sudah terbentuk,” katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, saat ini UIN Sultan Thaha Jambi memiliki sebanyak 30-an prodi di lima fakultas. Termasuk juga untuk program pascasarjana.

Sedangkan di fakultas ushuluddin, UIN Sultan Thaha memiliki prodi khas yakni jurnalistik islam. (ant/isa)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: