Wah… 17 CJH Jambi Batal Berangkat

0
Ilustrasi. Foto: Istimewa

SERUJAMBI.COM, Jambi – Sebanyak 17 calon jamaah haji (CJH) di Provinsi Jambi yang dijadwalkan berangkat tahun ini dipastikan batal berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah karena berbagai alasan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi, M Thaher di Jambi, Rabu, mengatakan jamaah yang batal berangkat itu dikarenakan berbagai sebab seperti sakit, meninggal dunia, serta ada pula yang menunda keberangkatannya hingga tahun depan. “Tapi semua sudah ada penggantinya. Kita sudah menyiapkan cadangan dan cadangan tersebut dipilih berdasarkan nomor urut,” kata Thaher.

Dijelaskannya, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi tahun ini akan memberangkatkan sebanyak 2.922 jama’ah haji yang terbagi dalam tujuh kloter pemberangkatan.

Thaher menyebutkan, di tahun 2017 ini, Provinsi Jambi mendapatkan tambahan kuota sebanyak 309 orang jamaah. Dimana tahun sebelumnya kuota jamaah hanya 2.613 orang.

Proses pemberangkatan kloter pertama akan dimulai pada Kamis 17 Agustus 2017, yaitu masuk asrama haji Pukul 13.00 WIB. Kemudian Jumat 18 Agustus 2017 pukul 15.00 WIB berangkat menuju Batam dan Pada Sabtu 20 Agustus 2017 berangkat menuju Arab Saudi.

“Kemudian disusul oleh kloter selanjutnya yang berselisih satu hari, pada Jumat 18 Agustus 2017 mulai masuk Asrama Haji. Jika ditotalkan proses pemberangkatan semua kloter sampai pada Jumat tanggal 24 Agustus 2017,” katanya menjelaskan.

Saat ini lanjutnya, sedang berlangsung proses pesiapan keberangkatan, sebelum diberangkatkan berbagai persiapan di berikan kepada calon jamaah.

Persiapan yang diberikan seperti penyelesaian pembuatan pasport, pembagian kelompok terbang atau kloter, permohonan visa kepada Kementerian Agama pusat, Manasiq Haji yang di selenggarakan di KUA dan Kemenag kabupaten/kota, serta cek kesehatan dan suntik meningitis yang dilaksanakan di Dinas Kesahatan kabupaten/kota. (ant/isa)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: