Walikota: Kemampuan Calon Pengaruhi Kualitas Pilkada

0
Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Dr HM Riban Satia. (ist)
SERUPALANGKARAYA.COM, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Dr HM Riban Satia mengatakan, kemampuan calon yang akan ikut bursa pemilihan wali kota dan wakil wali kota akan mempengaruhi kualitas Pilkada serentak 2018.

“Di antara yang menentukan kualitas pilkada ialah kemampuan dan kualitas calon yang ikut bursa Pilkada,” kata Riban di Palangka Raya, Minggu (29/10).

Wali Kota Palangka Raya dua periode itu mengatakan, selain partisipasi masyarakat, maksimalnya proses dan pengawasan selama Pilkada yang ketat, kualitas calon pun akan berpengaruh terhadap kesuksesan pelaksanaan Pilkada.

Menurut Riban, figur dan kemampuan calon akan berpengaruh terhadap minat dan partisipasi masyarakat terkait dukungan dan pilihan saat pencoblosan.

Selain itu kualitas calon terutama yang terpilih juga akan berpengaruh terhadap visi dan misi pembangunan di Kota Palangka Raya.

Untuk itu, khususnya Parpol agar tak hanya mengusung calon yang populer, tetapi juga berintegritas dan berkualitas serta memiliki jiwa sosial tinggi.

Pernyataan itu diungkapkan Riban saat acara jalan sehat dan pencanangan Gerakan Sadar Pilkada Serentak 2018 serta peluncuran “kantong semar” sebagai maskot Pilkada Palangka Raya di kawasan Bundaran Besar kota setempat.

Acara itu sendiri diikuti ribuan warga kota setempat yang mana bagi peserta beruntung mendapat berbagai hadiah seperti mesin cuci, lemari es, televisi dengan hadiah utama berupa satu unit sepeda motor.

Sementara itu Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi mengatakan, jalah sehat yang digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia ini bertujuan menyadarkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pilkada, guna kesukseskan pesta demokrasi.

“Lima tahun yang lalu pada pemilihan wali kota dan wakil wali, partisipasi masyarakat 78 persen. Harapan kami dengan adanya acara ini, bisa meningkat menjadi 80 persen,” kata Eko. (ara/ant)

Loading Facebook Comments ...
loading...
Hosting Unlimited Indonesia MEDIA PARTNER: